SMKN 1 Rejotangan Ajukan Skema Pemadanan Dukungan Dalam Program PKSPD

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Salah satu program Sekolah Menengah Kejuruan di tahun 2023 ini, adalah SMK PKSPD. Merupakan Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan Skema Pemadanan Dukungan.

SMK Negeri 1 Rejotangan sendiri, telah mengajukan skema pemadanan dukungan bekerjasama dengan PT Advantage SCM Jakarta, dengan sudah melaksanakan proses tahapan yaitu Pra-kurasi.

Kepala SMKN 1 Rejotangan, Masrur Hanafi menyampaikan bahwa, untuk Proses Pra-kurasi menekankan jenis-jenis pemadanan (in-kind dan/atau in cash), valuasi program. Nilai total pemadanan, valuasi harga satuan pemadanan, valuasi jumlah/sasaran pemadanan dan terdapat waktu pelaksanaan pemadanan.

“Tim yang akan melakukan in-kind (internal/eksternal industri), nilai valuasi (bukan sewa/peminjaman). Kemudian, kewajaran nilai pemadanan peralatan, kewajaran nilai pemadanan in-kind, kewajaran nilai pemadanan pekerjaan fisik,” ujar Hanafi. Kamis, (30/3/2023).

Diungkapkan, setelah dilaksanakan Pra-kurasi tersebut, kemudian pada 9 Maret 2023 kemarin, SMKN 1 Rejotangan telah diberikan kesempatan melaksanakan kegiatan Interview dengan Kurator dari Direktorat Jendral (Dirjen) Vokasi.

Saat ini, pihaknya menunggu hasil dari proses seleksi SMK PK Skema Pemadanan Dukungan.

“Kami menunggu hasil dari proses seleksi SMK PK Skema Pemadanan Dukungan,” ungkap Masrur Hanafi.

Hanafi berharap, dengan adanya investasi industri, baik secara in cash maupun in kind pada Program SMK PK Skema pemadanan dukungan ini, juga merupakan langkah strategis untuk menciptakan ekosistem kemitraan, vokasi yang terukur dan berkelanjutan.

“Semoga kerjasama ini terus berkelanjutan dan ada progres bagus kedepannya,” Tutupnya.

Sementara itu, senada dengan KS Hanafi, Deddy Subagyo Wakil Menejemen MUTU didampingi Rohadi Makmur MKom. Tim pengembang Sekolah menerangkan bahwa, salah satu program yang akan diselenggarakan tahun 2023 yaitu, Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan Skema Pemadanan Dukungan (SMK PKSPD).

“SMK Negeri 1 Rejotangan telah mengajukan skema pemadanan dukungan bekerjasama dengan PT Advantage SCM Jakarta,” terang Deddy.

Menurutnya, Kompetensi keahlian (KK) yang diajukan SMK PK skema pemadanan dukungan adalah Teknik Kendaraan Ringan Otomotif melalui program CDC Class.

“Proses Pra-kurasi mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) PT Advantage SCM, mengikuti kegiatan Pra-kurasi bersama dengan pihak sekolah,” ujarnya.

Dijelaskan, proses Pra-kurasi adalah menekankan jenis-jenis pemadanan (in-kind dan/atau in cash), valuasi program dan nilai total pemadanan. Valuasi harga satuan pemadanan, valuasi jumlah/sasaran pemadanan, terdapat waktu pelaksanaan pemadanan.

“Tim yang akan melakukan in-kind (internal/eksternal industri), nilai valuasi (bukan sewa/peminjaman, kewajaran,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait