Sobontoro Tulungagung Peringati HUT Poskeswa Ke-6

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Posyandu Kesehatan Jiwa (Poskeswa) ke-6, dengan tema “Sobontoro Hebat”, Desa Sobontoro, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, menggelar tasyakuran secara sederhana, Kamis 27 Januari 2022.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Kepala Desa Sobontoro H. Sodik Afandi, S.Sos, Kepala Puskesmas Beji , Babinsa, Bhabinkamtibmas, BKTM, BPD, dan kader.

Acara diawali dengan doa bersama, dan pemotongan tumpeng, sekaligus menandakan perjalanan Poskeswa yang masih aktif selama 6 tahun.

HUT ke-6 Poskeswa merupakan aksi dan bukti nyata bahwa, Pemdes Sobontoro sangat peduli dengan saudara-saudara yang kurang beruntung terutama dalam hal spikologi yang terganggu.

Sejak awal berdiri pada Tahun 2016 sampai sekarang, sudah banyak warga yang bisa disembuhkan.

Sodik Afandi selaku Kades Sobontoro menyampaikan, HUT ke-6 Poskeswa merupakan wujud syukur masih bisa membantu saudara yang kurang beruntung.

“Alhamdulillah Poskeswa sudah berjalan selama 6 tahun, dan masih aktif sampai sekarang. Kami berharap, ini akan berlanjut sampai pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) seluruhnya sembuh,” ucap Kades.

Desa Sobontoro ada puluhan warganya yang terkena gangguan jiwa, ini yang menjadi prioritas untuk segera disembuhkan.

“Awal berdiri Poskeswa ada 28 anggota, namun, seiring berjalannya waktu sudah banyak penurunan dan sekarang tinggal 15 pasien. Upaya dan usaha kita berhasil untuk membantu penyembuhan mereka,” ungkap Kades.

Lanjut Kades, pemulihan mental pasien dan meningkatkan kepercayaan diri keluarga itu sangat penting. Mengingat, akan jadi bahan pembicaraan warga sekitar, bahkan, warga dari luar Desa.

“Harapannya, semoga Poskeswa yang sudah ada ini, bisa membantu meringankan beban keluarga dan mengurangi gangguan kejiwaan warga masyarakat Sobontoro. Bisa menyembuhkan seluruh warga yang masih terkena sakit mental.sehingga, Desa Sobontoro warganya terbebas dari ODGJ,” terang Kades.

Kades juga berpesan, agar masyarakat tidak perlu malu jika mempunyai keluarga atau saudara yang terkena ODGJ.

“Pesan kami, warga jangan minder dan malu apabila keluarga atau saudaranya ada yang terganggu jiwanya, poskeswa sobontoro siap membantu dan menolong semaksimal mungkin,” pungkas Kades Sodik.

Perlu diketahui, mungkin baru Desa Sobontoro yang ada Poskeswa di Tulungagung. Bahkan, untuk wilayah Jawa Timur hanya segelintir desa yang mempunyai Poskeswa. (Dst).
.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait