SRPB Jatim Latihan Evakuasi Mandiri di BPBD

  • Whatsapp

SIDOARJO, beritalima.com | Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 26 April 2022, BPBD Jawa Timur menggelar Latihan Evakuasi Mandiri di kantornya, di Jalan Letjen S Parman No.55 Waru, Sidoarjo, Senin (25/4/2022).

Kegiatan ini diikuti sekitar 100 peserta. Mereka berasal dari organisasi perangkat daerah (OPD) maupun instansi lainnya. Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim juga ikut dalam kegiatan ini bersama organisasi kebencanaan lainnya.

“Bertempat di Ruang Rapat Siaga Kantor BPBD Jatim, latihan ini berupa evakuasi mandiri bencana gempa bumi dan kebakaran. Hal ini mengingat sebagian besar karyawan berada di dalam kantor,” ungkap Ahmad Abad Dloifan, salah satu peserta dari SRPB Jatim.

Simulasi evakuasi mandiri ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap ancaman, kapasitas dan risiko bencana, peningkatan kesadaran, kewaspadaan, dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana di lingkup masing-masing. Khususnya di lingkungan instansi dan lembaga terkait.

Dalam latihan ini, materi yang diberikan berupa pengetahuan Basic Life Support (BLS) bagi orang awam, kemudian Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) dan proses serta tata cara evakuasi mandiri ketika terjadi bencana. “Juga dilakukan melakukan praktik pijat jantung pada korban bencana,” imbuh Ahmad Abad Dloifan.

Peserta juga melakukan praktik identifikasi korban patah tulang karena kecelakaan, menyelamatkan orang tersedak, menggunakan bidai pada korban patah tulang. Serta tanya jawab mengenai isi dari paparan materi yang disampaikan. (Gan)

Teks Foto: BPBD Jatim saat mengadakan Latihan Evakuasi Mandiri di kantornya di Sidoarjo, Senin (25/4/2022).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait