beritalima.com

Status Zona Covid-19 Kabupaten Sumenep Berubah Jadi Kuning

  • Whatsapp

SUMENEP, beritalima.com|Angka pasien sembuh Virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Sumenep terus meningkat, sehingga saat ini, Kabupaten setempat berstatus zona kuning atau risiko rendah dari sebelumnya status oranye.

Humas Satgas Penanganan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Sumenep Ferdiansyah Tetrajaya, SH mengatakan, Kabupaten Sumenep status penyebaran Covid-19 berubah menjadi zona kuning sudah terjadi sejak tanggal 12 Agustus 2020, sesuai dengan kondisi penyebaran virus itu.

Bacaan Lainnya

“Sesuai peta sebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Sumenep yang sebelumnya berstatus zona oranye sekarang telah menjadi zona kuning atau risiko rendah,” tegasnya, Jumat (14/08/2020).

Perubahan status zona Covid-19 pada suatu daerah harus melalui 15 indikator, salah satunya angka terkonfirmasi positif, kesembuhan dan meninggal dunia. Karena itu, meski saat ini Kabupaten Sumenep telah berubah menjadi zona kuning dan angka kesembuhan meningkat, tetapi seluruh masyarakat harus meningkatkan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Mematuhi protokol kesehatan saat melakukan aktivitas adalah keharusan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, karena mencegah penularannya harus dilakukan bersama-sama oleh semua elemen di daerah,” imbuh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ini.

Protokol kesehatan yang dilakukan oleh masyarakat adalah disiplin menggunakan masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan memakai sabun dengan air yang mengalir.

Ferdiansyah Tetrajaya mengungkapkan, per Jumat (14/08/2020) hingga pukul 13.00 WIB, total kasus terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 247 pasien, perinciannya pasien sembuh sebanyak 215 orang, meninggal dunia sebanyak 9 orang dan pasien sedang menjalani perawatan di rumah sakit serta isolasi mandiri di rumahnya masing-masing sebanyak 23 orang.

Peta sebaran Covid-19 Kecamatan di Kabupaten Sumenep yakni sebanyak 11 kecamatan zona hijau, 2 kecamatan zona oranye dan sebanyak 14 kecamatan berstatus zona kuning,” pungkasnya.

“Untuk itulah, masyarakat selain mematuhi protokol kesehatan juga menjaga imunitas tubuh dengan konsumsi makanan bergizi seimbang, istirahat cukup, selalu bahagia, hindari panik dan khawatir,” pungkasnya. 

((MC/ An)

beritalima.com beritalima.com

Pos terkait