Suarakan Kerukunan Melalui Deklarasi Cinta Papua

  • Whatsapp
Tokoh Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Jawa timur, Moh. Efendi, SH. Tokoh Sahabat Polisi Jawa timur, Tommy Kedai pada giat Jawa Timur Cinta Papua di Surabaya

SURABAYA, beritalima.com| Masyarakat Jawa Timur mendeklarasikan cinta Papua melalui kegiatan yang digagas Kepala Kepolisian Resor Kota Besar (Kapolrestabes) Surabaya Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Sandi Nugroho.

Kegiatan yang berlangsung di depan Monumen Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Jalan Polisi Istimewa Surabaya, itu dihadiri perwakilan masyarakat dari seluruh daerah kabupaten/ kota se- Jawa Timur.

“Kegiatan pada pagi hari ini juga melibatkan seluruh komunitas yang ada di Surabaya, mulai dari Bonek, pengemudi ojek ‘online’, Banser, pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, serta pemerintah daerah, termasuk TNI – Polri,” ujar Kapolrestabes Sandi kepada wartawan di Surabaya, Minggu.

Masyarakat asal Papua tampak diberi panggung seluas-luasnya dalam kegiatan ini, di antaranya memimpin bernyanyi dari awal hingga akhir acara, serta menari yang setiap gerakannya diikuti oleh segenap komunitas dari daerah lain yang hadir.

“Kegiatan hari ini adalah wujud nyata bahwa masyarakat Jawa Timur cinta Papua,” katanya.

Sebagai provinsi paling timur Pulau Jawa, Kombes Pol Sandi mengungkapkan, Jawa Timur harus menjadi inspirasi bagi bangsa Indonesia bahwa persatuan dan kesatuan merupakan inti dari pembangunan.

“Solidaritas yang tercermin dalam kegiatan hari ini menunjukkan bahwa kita semua bersaudara,” ucapnya.

Mantan Analis Kebijakan Madya Bidang Pidana Ekonomi Khusus (Pideksus) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri ini lebih lanjut berpesan kepada masyarakat Papua di manapun berada agar turut menjaga kemananan yang kondusif, serta bersama-sama membangun bangsa dan negara Indonesia.

Berbagai Komunitas dari berbagai lini, nampak rukun dan damai menunjukkan berapa kuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Seluruhnya berbaur menjadi satu dalam bingkai NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Tak ketinggalan, Sahabat Polisi Jawa timur yang baru beberapa hari Deklarasi dan dilantik turut ambil bagian dalam Deklarasi “Jawa timur Cinta Papua”.

Ketua DPW Sahabat Polisi Jawa Timur melalui bidang Humas Tommy Kedai menyampaikan, Kerukunan adalah cita-cita setiap manusia dalam bingkai NKRI. Kebhinekaan yang menjadi ciri khas Indonesia jangan sampai terkoyak atas nama agama. Tokoh lintas agama juga harus mampu memberikan pembinaan terhadap umat bagaimana agama menjadi penuntun dan pemersatu, bukan pemecah belah.

“Perbedaan adalah keniscayaan, dan menjaga perbedaan tetap indah adalah tugas seluruh komponen masyarakat,”ungkapnya.
(*An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *