Subianto Minta Masyarakat Budayakan Wisata ke wilayah Mereka Sendiri

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
Anggota DPRD provinsi Jatim tiga periode Drs. Subianto MM mengatakan, banyaknya desa wisata yang sudah dipercantik, menunjukkan kesungguhan pemerintah dalam meningkatkan perekonomian daerah.

Karena itu, tidak berlebihan jika pihaknya menginginkan agar masyarakat juga menunjang program tersebut dengan berwisata di daerah mereka sendiri.

“Wisata itu merupakan kebutuhan sekunder, tetapi dampak dari adanya wisatawan sangat penting, terutama di wilayah yang didatangi wisatawan, baik wisatawan lokal, maupun wisatawan luar negeri,” terang anggota komisi B DPRD provinsi Jatim ini.

Politisi partai Demokrat ini menegaskan, dengan adanya wisatawan yang menikmati fasilitas di desa-desa wisata tersebut, dampak perekonomian bisa langsung dirasakan oleh masyarakat setempat.

“Terutama UMKM. Ada UMKM kuliner, ada UMKM souvernir, ada UMKM buah dan sayuran, ada UMKM disektor permainan, atau sekedar menawarkan jasa transportasi. Dampak ini sangat signifikan. Dengan kehadiran wisatawan tersebut, otomatis meningkatkan pendapatan masyarakat daerah. Dengan adanya masukan penghasilan, berdampak juga pada peningkatan kesejahteraan masyarakat desa,” tegasnya.

Menurut Subianto, daripada warga dan masyarakat wisata di tempat yang jauh-jauh akan menghabiskan uang yang lebih banyak, kan mending di daerahnya masing-masing, sembari membantu warga sekitar dan juga lebih mengenal secara dekat daerah tersebut.

“Dengan demikian nantinya warga dan masyarakat sekitar juga bisa berkontribusi dengan melakukan promosi desa tersebut. Jika ada saudara atau teman yang mungkin ingin mengunjunginya, ajaklah mereka berwisata ke desanya. Berkeliling menaiki kendaraan yang disediakan, berbelanja Souvernir atau buah dan sayuran yang harganya pasti lebih murah, karena itu hasil panen petani sendiri di desa tersebut,” sambungnya.

Subianto menambahkan, pihaknya juga akan lebih banyak memonitor, melakukan evaluasi dengan meninjau lokasi-lokasi tersebut, untuk melakukan perbaikan-perbaikan fasilitas agar warga lebih krasan berwisata di desa tersebut.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait