Sujiwo Tejo Apresiasi Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Bung Karno

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Budayawan Sujiwo Tejo mengapresiasi Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Bung Karno yang sudah menjadi kegiatan rutin tahunan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI.

Sujiwo hadir pada Grand Final Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Bung Karno tersebut sebagai dewan juri. Dewan juri lainnya adalah Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid. Grand Final yang digelar, Kamis (19/8). Grand Final menghadirkan finalis perwakilan dari 20 provinsi secara virtual.

Sujiwo Tejo mengapresiasi gelaran kreatif dari Fraksi PKS DPR RI ini. Bahkan beliau menyarankan lomba ini ke depannya diikuti berbagai latar belakang dan tidak dibatasi jenis kelamin maupun usia. “Tak harus mirip Bung Karno, yang penting sama-sama menggetarkan seperti suara Bung Karno.” kata Sujiwo Tejo.

Ketua Fraksi PKS DPR RI, Dr H Jazuli Juwaini mengatakan, Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Bung Karno ini merupakan salah satu dari sekian Program Unggulan Fraksi PKS DPR, guna menanamkan semangat perjuangan di kalangan generasi bangsa.

Menurut dia, acara ini terkesan sederhana tapi pesan dan harapannya tidak sederhana.

“Kami ingin rakyat Indonesia bisa betul-betul merdeka tidak hanya dari penjajah kolonial tapi juga dari kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, kezaliman supremasi hukum dan hal-hal lainnya.

Melalui lomba ini, Fraksi PKS menginternalisasi nilai-nilai semangat kebangsaan kepada seluruh komponen anak bangsa. “Kami berharap spirit proklamasi dapat mengunggah anak bangsa, agar punya komitmen untuk betul-betul menjadi bangsa yang besar dan kuat. Tidak hanya slogan bangsa yang tumbuh dan tangguh, melainkan memiliki komitmen mewujudkan slogan-slogan itu,” kata Jazuli.

 

Hidayat Nur Wahid sangat mengapreasiasi semangat dan kepercayaan diri dari seluruh peserta yang berasal dari latar belakang daerah, suku bangsa, bahkan agama yang berbeda-beda.

“Lomba ini bukan hanya menyatukan berbagai perbedaan yang dimiliki Indonesia tetapi juga mampu menggambarkan semangat Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan,” kata dia.

Presiden PKS, Ahmad Saikhu berharap lomba ini melahirkan ‘Soekarno-Soekarno’ muda yang inovatif, inspiratif serta mampu memimpin bangsa dan negara menuju cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

Semoga lomba ini membangkitkan semangat dan minat masyarakat khususnya generasi muda terhadap jejak perjuangan para pendiri bangsa.

Kita warisi spirit mereka yang pantang menyerah. Terus kembangkan keterampilan dan keahlian di berbagai bidang. Mari syukuri nikmat kemerdekaan dengan menguatkan integritas kita, semakin kreatif, dan bersinergi membangun bangsa dengan berbagai elemen,” tutup dia.

 

Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Suara Bung Karno dimenangkan oleh peserta asal Sumatera Selatan atas nama Tegar Brilian Putra. Posisi berikutnya ditempati Richard Fransiscus (Sumut), I Made Riyan Cahyadi (Bali). Posisi Harapan Ahmad Izzudin (Yogjakarta), M Teguh Satria (Kalimantan Timur). Mereka berhak membawa hadiah total Rp 17 juta. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait