Sukorejo Kulon Manfaatkan DD Untuk Merenovasi dan Membangun Ruko

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Pemerintah Desa Sukorejo Kulon, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, memanfaatkan Dana Desa (DD) 2021 untuk renovasi dan membangun rumah toko (ruko).

Hal ini dimadsudkan, agar warga setempat tidak susah mencari bahan pokok. Apalagi harus keluar desa. Karena itu, kemudian di desa tersebut dibangun ruko.

Selain itu, untuk mendukung kesejahteraan masyarakat sekitar serta mengurangi angka pengangguran.

Tak hanya itu, ruko yang lama direnovasi agar tampak lebih bagus dan terlihat modern. Pun, juga menjadi destinasi belanja warga desa sekitar.

Kepala Desa Sukorejo Kulon, Mudjo, mengatakan, sebanyak 19 ruko sudah selesai dibangun. Baik yang depan maupun belakang.

“Awal tahun 2021 ruko sudah mulai dibangun. Sehingga memasuki bulan April ini, sudah bisa digunakan atau dimanfaatkan oleh warga untuk berjualan,” terang Mudjo, Jumat 23 April 2021.

Seluruh ruko yang sudah selesai direnovasi maupun dibangun, lanjutnya, nanti difokuskan untuk berjualan sembako. Sedangkan seperti baju, makanan, sayuran, berada di lapak los bangunan.

“Kalau ruko atau lapak pasar Sukorejo Kulon, merupakan tanah milik Pemdes. Sehingga dapat menambah PADes. Selama ini dikelola oleh Bumdes. Sistemnya hak sewa guna (HSG). Siapapun bisa menempati, tidak harus warga sekitar saja. Warga luar daerah pun bisa asal sesuai aturan,” tandasnya.

Ruko, lanjutnya, diprioritaskan untuk pengguna yang lama walaupun itu bukan warga Sukorejo Kulon.

“Dengan renovasi dan adanya ruko baru, kami berharap, pasar yang sepi, bisa menjadi ramai pembeli,” harapnya.

Apalagi, tempat yang dulu becek, sekarang sudah kering dan aman dilewati. “Sehingga dapat menarik pengunjung supaya pasar menjadi ramai,” pungkasnya. (Dst/editor: Dibyo).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait