Sukses Transformasi Sektor Keuangan, PT PAL Indonesia Kembali Torehkan Prestasi pada RUPST 2024

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
PT PAL Indonesia telah melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Laporan Kinerja Usaha Tahun Buku 2023 (Audited) bersama pemegang saham, yakni Kementerian BUMN dan PT LEN Industri (Persero). PT PAL berhasil mencatatkan sejarah, 5 tahun berturut-turut meningkat secara signifikan dalam aspek operasional dan keuangan perusahaan, termasuk capaian pendapatan terbesar selama 44 tahun beroperasi.

“Kami bangga dengan pencapaian ini yang merupakan hasil dari kerja keras dan dedikasi seluruh tim di PT PAL Indonesia. Transformasi keuangan yang telah kami lakukan dan kami capai, adalah fondasi untuk berbagai inovasi dan pencapaian lain di masa depan,” ujar CEO PT PAL Indonesia, Kaharuddin Djenod.

Perolehan pendapatan usaha tahun 2023 tumbuh signifikan sebesar 42,43% dari tahun 2022 (YoY). Adapun jika meninjau pendapatan per lini bisnis, pendapatan berasal dari produk alutsista sebesar 86,98%, produk rekayasa umum sebesar 6,74%, produk pemeliharaan dan perbaikan sebesar 5,59%, dan jasa lainnya sebesar 0,69% dari total pendapatan tahun 2023. Pendapatan yang berkontribusi besar didominasi oleh produk alutsista yakni sebesar Rp 3.142,58 miliar.

“Kesuksesan transformasi keuangan ini adalah bukti bahwa dengan manajemen yang tepat dan kerja sama tim yang solid, perusahaan dapat menorehkan prestasi yang membanggakan. Kami telah menunjukkan bahwa melalui inovasi, perbaikan sistem, dan komitmen yang kuat, sebuah perusahaan dapat mencapai prestasi yang membanggakan,” ungkap Kaharuddin Djenod.

Di samping capaian pendapatan yang meningkat signifikan dan berturut-turut selama beberapa tahun terakhir, Tingkat Kesehatan korporasi PT PAL Indonesia dalam kategori stabil atau sehat yang diaudit oleh Perusahaan Pemeringkat Nasional (PT Pefindo).

Hal ini tentu menunjukkan resiliensi dan transformasi perusahaan ke arah yang lebih baik. Pencapaian ini sebagai bentuk dari komitmen PT PAL Indonesia dalam memenuhi kebutuhan maritim ditingkat Nasional dan global, dengan terus memperhatikan aspek likuiditas, profitabilitas, maupun solvabilitas perusahaan.

Hasil dari Rapat Umum Pemegang Saham Laporan Kinerja Usaha Tahun Buku 2023 (Audited) menjadi momen syukur atas pencapaian luar biasa ini. Manajemen PT PAL Indonesia menggelar syukuran sederhana yang turut menandai keberhasilan transformasi sektor keuangan yang telah diupayakan oleh manajemen perusahaan.

Melalui upaya restrukturisasi keuangan dan pengelolaan cashflow yang lebih baik, PT PAL Indonesia berhasil mencapai tingkat kolektibilitas yang mengesankan. Hal ini menjadi modal penting dalam memperkuat posisi PT PAL di pasar global.

Pencapaian ini tidak terbatas pada angka dan laporan, tetapi atas semangat dan dedikasi seluruh elemen perusahaan. PT PAL Indonesia berharap keberhasilan ini menjadi motivasi untuk terus bertransformasi dan memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan negara.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait