Surabaya – Jakarta, Masih Ada Dua KA Lewat

  • Whatsapp
www.beritalima.com

SURABAYA, beritalima.com | Pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir, membuat  episode pengurangan operasional kereta api (KA) terus berlanjut. Hari ini, Jumat (10/4/2020), PT KAI Daop 8 Surabaya kembali membatalkan atau tidak mengoperasikan 5 KA lagi.
Lima KA yang menyusul tidak dioperasikan sampai 23 April 2020 ini KA Jarak Jauh arah Jakarta, karena terkait penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta, di samping akibat penurunan jumlah penumpang yang sangat signifikan. 
Padahal, sebelumnya sudah 11 KA dari Daop 8 Surabaya tujuan Jakarta yang dibatalkan operasionalnya. Dengan demikian, kini sudah 16 KA dari Daop 8 Surabaya tujuan Jakarta yang tidak dioperasikan, dan hanya sisa 2 KA Surabaya – Jakarta (PP) setiap hari.
“Pembatalan lima KA tujuan Jakarta tersebut menyesuaikan dengan pembatasan jam operasi transportasi umum di DKI Jakarta pada masa PSBB, yaitu dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB,” kata Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, Jumat (10/4/2020) sore.
“Di samping itu juga mempertimbangkan penurunan okupansi dari KA yang sebelumnya dioperasikan,” imbuhnya.

Dua KA tujuan Jakarta yang masih dioperasikan pada masa PSBB, jadwal kedatangan dan keberangkatannya di wilayah DKI Jakarta sesuai jam operasi transportasi umum yang baru ditetapkan.
Dua KA itu, pertama KA Kertajaya, berangkat dari Stasiun Surabaya Pasarturi pukul 21:05 WIB dan datang di Stasiun Pasarsenen Jakarta pukul 08:36 WIB, terus balik dari Stasiun Pasarsenen Jakarta pukul 14:15 WIB dan datang di Stasiun Surabaya Pasarturi pukul 01:24 WIB.
Kedua, KA Bima yang berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng pukul 17:00 WIB dan datang di Stasiun Gambir Jakarta pukul 05:43 WIB, kemudian balik dari Stasiun Gambir Jakarta pukul 16:40 WIB dan datang di Surabaya Gubeng pukul 05:54 WIB.
Sudah hanya tinggal 2 KA, jumlah penumpangnya pun dibatasi. “Kami hanya menjual tiket KA yang tetap jalan tersebut 50% dari kapasitas tempat duduk,” tambah Suprapto.
“Hal ini bertujuan untuk pembatasan sosial atau physical distancing antar penumpang di atas kereta,” lanjutnya.
Dia pun menandaskan, hingga 10 April 2020 ini total sudah 27 KA yang tidak beroperasi di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya. Dan tinggal 14 KA Jarak Jauh dan Menengah yang masih beroperasi wilayah Daop ini.

Padahal, pada hari biasa, total ada sebanyak 41 perjalanan KA Jarak Menengah/Jauh (33 KA pemberangkatan awal dari Daop 8 Surabaya dan 8 KA yang perjalanannya melintas di Daop 8 Surabaya).
Ke-14 KA jarak Menengah/Jauh yang masih operasional itu, 8 KA yang pemberangkatan awalnya dari Daop 8 Surabaya dan 6 KA yang melintas di Daop 8 Surabaya.
KA-KA itu diluar KA Lokal. KA Lokal yang beroperasi masih sebanyak 46 KA per hari. KA Lokal hanya mengalami penurunan daya maksimal kapasitas okupansi dari 150% menjadi 50%. (Ganefo)

www.beritalima.com

www.beritalima.com

www.beritalima.com

www.beritalima.com

www.beritalima.com
www.beritalima.com

www.beritalima.com

Pos terkait