Survei Indo Barometer : Elektabilitas Jonas – Niko Frans masih Unggul

  • Whatsapp

KUPANG, beritalima.com – Dari hasil survei Indo Barometer terhadap calon Walikota Kupang dan Wakil Walikota Kupang periode 2017 – 2022, elektabilitas pasangan Jonas Salean – Nikolaus Fransiskus unggul atas rivalnya Jefirston Riwu Kore – Hermanus Man.

Hal ini disampaikan Peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto Rusli kepada wartawan saat konferensi pers “ Kepuasan Publik Terhadap Incumbent dan Pilihan Masyarakat Kota Kupang Pilkada 2017 ” di Kupang, Minggu (27/11).

Hadi yang saat itu didamping Sahlani mengatakan, elektabilitas pasangan petahana Jonas Salean – Nikolaus Fransiskus dengan tagline ‘ Sahabat’ ini sebesar 59 persen, sedangkan pasangan Jefirston Riwu Kore – Hermanus Man (FirmanMu) sebesar 32,5 persen. Sementara yang menyatakan rahasia/tidak tahu/tidak jawab sebesar 8,5 persen.

Menurutnya, survei dilakukan di seluruh wilayah Kota Kupang (Kecamatan Alak, Maulafa, Oebobo, Kota Raja, Kelapa Lima dan Kota Lama) dimana waktu pengumpulan data pada 10 – 16 November 2016. Sedangkan metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling. Dengan jumlah sampel sebesar 400 responde (margin or error sebesar kurang lebih 5 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

“ Jumlah responden ini memang standar kita laksanakan untuk Pilkada Kabupaten/Kota yaitu 400 responden. Itu sudah cukup mewakili populasi. Biasanya kalau pemilihan Gubernur adalah 800 responden, Pilpres atau survei nasional 1.200 responden. Dan itu sudah cukup menggambarkan atau mewakili populasi yang ada”, katanya.

Kemudian Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.

Dia menjelaskan, dari distribusi pilihan pasangan calon berdasarkan alasan memilih yakni pasangan Jonas Salean – Nikolaus Fransiskus yang banyak diungkapkan adalah karena kinerjanya bagus, melanjutkan program yang ada, suka dengan figurnya, visi dan misinya bagus. Sementara alasan utama memilih pasangan Jefirston R. Riwu Kore – Hermanus Man yang diungkapkan adalah karena pasangan yang cocok, ingin pemimpin baru dan berpengalaman.

Sementara itu, tingkat kepuasan terhadap kinerja Jonas Salean sebesar 79,8 persen. Dan tingkat tidak puasnya sebesar 18,5 persen. Dari distribusi, pemilih yang puas memberi dukungan kepada pasangan Jonas Salean – Nikolaus Fransiskus sebagai walikota dan wakil walikota. Sedangkan yang tidak puas,  banyak dukungannya kepada pasangan Jefirston Riwu Kore – Hermanus Man. (Ang)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *