Tahun 2020, YMI ITS Salurkan Donasi Rp1,3 Miliar

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Tahun 2020 merupakan tahun yang penuh perjuangan bagi Yayasan Manarul Ilmi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (YMI ITS) Surabaya.

Sebagai sebuah organisasi sosial yang baru berumur 1,5 tahun, YMI ITS bekerja keras untuk mendapat kepercayaan publik.

Berawal dari sebuah pemikiran untuk meningkatkan peran-peran sosial dan menyelesaikan problem-problem masyarakat, YMI ITS didirikan pertengahan tahun 2019. Tujuannya agar mampu berkontribusi untuk masyarakat YMI harus bisa menghadirkan solusi konkret dari berbagai persoalan warga, di antaranya dalam bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan dan kemanusiaan.

Beberapa program yang digulirkan YMI ITS selama tahun 2020 mendapat sambutan yang positif dari masyarakat para dermawan, khususnya alumni ITS yang tersebar di seluruh nusantara.

Selama tahun 2020 telah terkumpul donasi sebesar Rp. 1.315.200.284 yang berasal dari zakat, infaq dan wakaf para dermawan.

Jumlah penerima manfaat selama tahun 2020 mencapai 15.675 orang yang terdiri dari beberapa program, di antaranya korban dampak covid 19, bedah rumah, penerima program kurban, perlengkapan salat di daerah bencana, wakaf desain masjid, roll sadajah masjid, program sumur wakaf di beberapa daerah, dan beasiswa pendidikan.

Dalam upaya penyaluran dana ini YMI ITS bekerjasama dengan berbagai pihak, terutama Masjid Manarul Ilmi ITS yang juga sebagai kantor pusat YMI ITS.

Ketua pengurus YMI ITS, Triyanto, menjelaskan bahwa YMI ITS sebagai lembaga yang baru berdiri berusaha keras untuk bekerja secara profesional dan amanah.

“Kalau lembaga ini sudah amanah, maka kepercayaan dari publik akan terjadi secara otomatis,” ujarnya.

Sementara itu Adi Dharma selaku Ketua I YMI ITS menambahkan jika pihaknya berkeinginan mengoptimalkan manfaat organisasi utk fungsi kemanusiaan.

“Kita terobsesi dengan lembaga-lembaga lain yang sudah berkontribusi lebih besar untuk umat, jadi YMI ITS harus mengejar agar kebermanfaatannya lebih optimal,” sambungnya. (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait