Tahun 2022 Kominfo Touna Dapat Bantuan 69 Site Tower BTS 4G

  • Whatsapp

Ampana, beritalima.com – Kepal Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Drs. Aston U Madilau,M.Si mengatakan dada tahun 2022 ini Pemkab Tojo Una-una melalui Dinas Kominfo mendapat bantuan BTS 4G (Tower) sejumlah 69 SITE.

” Pada tahun 2022 ini kami mendapat bantuan BTS 4G (Tower) sejumlah 69 SITE, dari semua itu pembagiannya seperti 38 tower berada diwilayah kepulauan dan 31 tower berada diwilayah daratan,” kata Aston Madilau diruang kerjanya, (2/2/2022).

Kepala Dinas Kominfo menjelaskan Kabupaten Touna memiliki luas wilayah 5721,51 KM yang terletak di teluk Tomini berbatasan dengan Kabupaten Parigi Moutong, Poso, Morowali, Banggai dan Provinsi Gorontalo.

“Wilayah Kabupaten Touna mempunyai 12 kecamatan, yakni enam kecamatan bagian daratan dan enam kecamatan berada di kepulauan. Kabupaten Touna cukup baik seperti pariwisata, pertanian, kelautan dan Perikanan maka untuk membantu penyebaran luasan informasi dan komunikasi maka Kabupaten Touna harus mempersiapkan infrastruktur baik laut, darat dan udara khususnya infrastruktur udara seperti tol udara,”kata Aston Jumat (02/02/2022) saat dikonfirmasi diruang kerjanya.

Menurut Aston, Kominfo sebagai organisasi perangkat daerah yang mempunyai tupoksi untuk menangani hal TSB, telah membangun Tower BTS pada tahun 2018-2019 sebanyak 16 Tower serta akses internet dan pada tahun 2018 ada 3 akses internet, untuk tahun 2019 ada 17 akses internet dan tahun 2020 ada 17 akses internet serta pada tahun 2021 ada 45 akses internet.

Untuk itu, kata Aston mengapa wilayah kepulauan bantuannya agak lebih banyak daripada daratan, Hal ini dikarenakan wilayah daratan sudah ada tower-tower yang didirikan oleh swasta.

” sementara diwilayah kepulauan masih terbatas sarana dan prasarana lainnya apalagi di kepulauan banyak daerah-daerah terpencil yang jangkauannya masih sulit dijangkau. ” Tambahnya

Dari 69 Tower yang ada dibangun tahun 2021 diperkirakan diperbaru sekitar 30 SITE yang sudah dalam penyelesaian pekerjaan.

Dari 6 Tower yang sudah dilakukan uji coba jaringannya cukup baik sambil menunggu yang lainnya selesai dibangun secara serentak atau yang sudah lengkap pembangunannya dilakukan telepon perdana.

Dikatakannya, untuk pembangunan Tower BTS 4G induk yang rencana akan dibangun di Kecamatan Bunta Kabupaten Banggai sementara ini masih dalam tahap penyelesaian perizinannya.

“Pada dasarnya pihak Kabupaten Banggai akan membantu sepenuhnya penyelesaian pembangunan Tower induk yang ada di Kecamatan Bunta, semoga apa yang menjadi program Pemerintah Daerah Kabupaten Touna ini dapat diselesaikan sesuai waktu yang sudah ditentukan dan apa yang menjadi komitmen Bapak Bupati Touna pada saat kampanye beliau akan tercapai dengan moto kami Touna berdering tahun 2022,”ujarnya.(HW)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait