Taman Lalin Kota Madiun Siap Sambut Penghoby Olahraga Motor

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Penghobi olahraga ekstrem, khususnya ketangkasan sepeda motor, dimanjakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot)Madiun, Jawa Timur. Pasalnya penghobi olah raga ini di Kota Madiun, telah diberi falitas. Termasuk penghoby ketangkasan mengendarai sepeda.

Karena Pemkot Madiun telah membangun Taman Lalu Lintas Kali Bantaran Madiun (TLLKBM), yang terletak di Jalan Ahmad Yani, Kota Madiun.

Arena sirkuit balap dan track sepeda siap dimanfaatkan masyarakat. Bukan hanya itu, taman dilengkapi areal bermain. Ramah anak pastinya.

‘’Pengerjaan sudah selesai. Taman siap digunakan,’’ kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Madiun Suwarno, kemarin.

Sirkuit ini cukup menantang. Desain mirip sirkuit yang biasa untuk ajang balap dunia. Namun, ini boleh disebut versi mininya. Arena ini tidak panjang karena terbatasnya lahan. Namun cukup menantang untuk adu skil mengendarai si kuda besi. Di tempat ini, terdapat track lurus sekitar 500 meter. Sejumlah tikungan menanti di depannya. Mulai tikungan ringan hingga tajam. Tikungan berbalik nyaris 180 derajat. Sirkuit juga bisa digunakan untuk ajang adu cepat di jalur lurus bagi penggemar drag race.

‘’Pastinya sudah dilengkapi sistem pengaman. Mulai areal jatuh dan pembatas ban,’’ papar Suwarno.

Sirkuit juga dilengkapi rambu-rambu lalu lintas. Artinya, dapat digunakan sebagai edukasi tertib berlalu-lintas. Pemkot Madiun sengaja menggandeng pihak kepolisian. Petugas siap membantu memberikan arahan dan pemahaman sembari praktik langsung. Fasilitas dapat dinikmati secara cuma-cuma.

‘’Pastinya akan terus ada perbaikan ke depan. Fasilitas akan semakin dilengkapi. Namun, masyarakat wajib aktif. Tidak hanya menggunakan tetapi juga aktif menjaga,’’ harapnya sembari menyebut ijin pengelolaan sudah turun dari kementerian.

Bagaimana dengan penggemar sepeda? Tak perlu khawatir. Taman Lalu Lintas Kali Bantaran Madiun juga dilengkapi track bersepeda. Mulai track dengan kemiringan tertentu hingga jalur tanah bergelombang. Track seperti ini cocok bagi penggemar sepeda BMX.

Taman, lanjutnya, juga bisa dinikmati kala malam. Sebab, sudah dilengkapi lampu penerangan. “Prinsipnya, Pemkot Madiun terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Pengawasan terus dilakukan. Termasuk ditinjau langsung bapak wakil wali kota (H. Armaya), beberapa hari kemarin,’’ ujarnya.

Keberadaan taman ini memberikan nilai tambah tersendiri. Salah satunya, dalam ajang penilaian Kota Layak Anak. Kota Madiun berhasil meraih predikat itu sekitar Agustus lalu. Adanya, sirkuit ini cukup mendongkrak nilai. Sebab, belum banyak daerah yang menyediakan arena bagi penghobi olaharaga balap. Tak heran, bermunculan balap liar di jalan raya. Taman ini setidaknya turut menekan kenalakan remaja khususnya balap liar. (Kominfo).

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *