Telkom Dukung BKE Kembangkan Aplikasi E-Koperasi untuk Nasabah Koperasi

  • Whatsapp

Jakarta, 20 September 2016 – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mendukung program Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) untuk menjadikan Koperasi dan UMKM yang sehat, kuat, mandiri, tangguh, serta berdaya saing tinggi dengan meluncurkan layanan e-Koperasi (e-Kop) bersama Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE). Pelaksana Tugas Direktur Enterprise & Business Service Telkom Honesti Basyir, Sekretaris Kemenkop Agus Muharram dan Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop UKM Braman Setyo menyaksikan langsung penandatanganan kerjasama yang dilakukan oleh Executive Vice President Divisi Enteprise Service Telkom Siti Choiriana dan Direktur Utama BKE Sasmaya Tuhuleley di Auditorium Kementerian Koperasi, Jakarta, Jumat (15/09).

Honesti Basyir menyampaikan terima kasih atas kepercayaan BKE kepada Telkom dan menyampaikan komitmen Telkom untuk selalu mendukung program Kementerian Koperasi dan UKM dengan melakukan digitalisasi Koperasi Indonesia.

Dalam sambutannya, Dirut BKE Sasmaya Tuhuleley menyampaikan pentingnya teknologi dan informasi dalam melakukan usaha Koperasi dan UKM. Hal ini akan menambah pengetahuan dan wawasan dalam memberikan layanan kepada masyarakat dan Telkom telah mewujudkan cita-cita Koperasi dan UKM melalui layanan ICT Telkom. “Semoga usaha kita ini diberkati oleh Tuhan YME,” tutup Sasmaya Tuhuleley.

Mewakili Menteri Koperasi dan UKM, Sekretaris Kemenkop UKM Agus Muharram menegaskan bahwa Koperasi harus direformasi total sesuai dengan arahan Presiden. Ada 3 aspek penting dalam reformasi Koperasi, yaitu Rehabilitasi Koperasi, Reorientasi Koperasi dan Pengembangan Koperasi. “Tiada Koperasi tanpa IT,” tegas Agus Muharram.

BKE mengambil langkah strategis melakukan kerjasama dengan Telkom untuk menyediakan aplikasi berbasis teknologi guna meningkatkan peran dan fungsi Koperasi dalam industri pengelolaan keuangan. Aplikasi yang diberi nama e-kop BKE ini merupakan aplikasi laporan keuangan dan Loan Orginatian System (LOS) yang terintegrasi dengan layanan PPOB (Payment Point Online Banking/ layanan jasa pembayaran).

Dengan menggunakan Aplikasi e-Kop, diharapkan Koperasi dapat menyajikan laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi keuangan, menerapkan prinsip kehati-hatian dalam penyaluran pinjaman, mengukur tingkat kesehatan sesuai Peraturan Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM Nomor 06/Per/Dep.6/IV/2016 serta meningkatkan fee base income/Pendapatan Koperasi.

Aplikasi e-Kop BKE beserta infrastruktur, yakni komputer, router, printer dan akses internet akan diberikan secara gratis kepada seluruh koperasi yang telah bermitra dengan BKE baik itu koperasi pegawai negeri maupun koperasi lainnya. BKE bersama Telkom juga menyediakan helpdesk untuk menangani setiap permasalahan terkait penggunaan aplikasi e-Kop.

Selanjutnya, Telkom juga berkesempatan meningkatkan kerjasama dengan BKE untuk menjadikan koperasi sebagai agen laku pandai Bank untuk menghimpun tabungan, e-money dan lain-lain guna mendukung rencana strategis BKE mengembangkan digital banking.

 

Caption Foto : 

Executive Vice President Divisi Enteprise Service Telkom Siti Choiriana (kanan) dan Direktur Utama Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE) Sasmaya Tuhuleley melakukan penukaran cendera mata usai acara peluncuran Layanan e-Koperasi (e-Kop) di Auditorium Kementerian Koperasi, Jakarta, Jumat (15/09).

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *