Tempat Wisata Menarik di Kabupaten OKU

  • Whatsapp

Ogan Komering Ulu, beritalimacom– Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dengan ibukota Baturaja banyak menyimpan wisata alam, yang bisa menjadi daya tarik untuk berwisata dari sejarah administratifnya Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Dan OKU merupakan salah satu Kabupaten tertua di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Jika dilihat sejarahnya pada awal abad ke-20 eksistensi afdeling (Kabupaten) OKU telah tercatat dalam Karesidenan Palembang, melalui Peraturan Pemerintah (PP) No.8 Tahun 1947 dan Kabupaten OKU, kemudian dijadikan daerah otonom (Onder Afdeling) terdiri dari Ogan Ulu, Komering Ulu, dan Muaradua Ranau Selanjutnya perubahan administrasi dilakukan tanggal 20 Maret 1950 bersamaan dengan pembubaran Negara bagian Sumatera Selatan, dan penerapan batas-batas wilayah Kabupaten OKU turut membawahi wilayah Martapura dan Muaradua.

Pasca terjadi pemekaran Tahun 2003 Kabupaten OKU terpisah menjadi 3 Kabupaten yakni Kabupaten OKU, Kabupaten OKU Timur dan Kabupaten OKU Selatan, masing-masing Kabupaten tersebut berhak mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri.

Saat ini Kabupaten OKU mencakup 13 Kecamatan dan 143 desa hal ini, memungkinkan perkembangan objek wisata yang semakin khas dan dikenal. Kabupaten OKU berada dalam topografi dataran rendah berbukit sarat dengan berbagai kawasan lindung, suaka alam, cagar budaya, danau, sempadan, dan sungai.

Berikut tempat wisata menarik yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu bagi traveller.
1.Taman Kota
2.Gua Putri
3.Gua Harimau
4.Air Terjun Kambas
5.Air Terjun Bukit Langgar
6.Air Terjun Mandi Hawa
7.Air Panas Gemuhak
8.Bukit Pelawi
9.Bukit Lesung Bintang
10.Bendali Rantau Kumpai
(Ariyan)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *