Terkait SIMBG, Pemkot Bengkulu ‘Belajar’ Ke Kota Madiun

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Penerapan Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) di Kota Madiun, Jawa Timur, menjadi acuan kota lain. Terbukti, Pemerintah Kota Bengkulu datang untuk belajar penerapan SIMBG tersebut ke Kota Madiun, Rabu 14 Agustus 2019.

Rombongan berjumlah 13 orang yang dipimpin Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi, diterima Walikota Madiun, H. Maidi di ruang transit Balai Kota.

Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi, mengatakan, pihaknya sengaja memilih Kota Madiun sebagai tempat ‘belajar’ dengan alasan beberapa hal. Selain memiliki beberapa kesamaan secara geografis, besaran anggaran, dan kebijakan, Kota Madiun cukup memiliki nama di tanah air terkait penerapan SIMBG yang merupakan program pemerintah pusat.

‘’Jujur saja, awalnya saya bertanya dalam hati, kenapa harus ke Kota Madiun. Tetapi setelah melihat track record-nya, langsung saya putuskan harus ke Kota Madiun untuk urusan ini,’’ kata Dedy.

Apalagi, Kota Madiun merupakan pemerintah kota pertama yang menerapkan SIMBG setelah amanat pemerintah pusat turun. Selain itu, Kota Madiun pernah diundang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memberikan testimoni terkait penerapan SIMBG saat PUPR 4.0 Expo di Jakarta sekitar Februari lalu.

‘’Keberhasilan Pemerintah Kota Madiun dalam menerapkan sistem ini mendapatkan apresiasi Kementerian PUPR. Tentu ada banyak hal yang perlu kami tiru. Makanya kami sengaja mengajak serta pejabat OPD terkait agar bisa belajar langsung,’’ ujarnya.

Sementara itu Walikota Madiun, H. Maidi, menuturkan, Pemerintah Kota Madiun merasa terhormat kedatangan rombongan dari Kota Bengkulu. Kota Madiun membuka pintu lebar-lebar untuk tempat belajar. Bukan hanya teori. Namun, juga praktik langsung.

‘’Tentu kami juga akan belajar tentang Kota Bengkulu. Artinya, saling bertukar informasi dan pengalaman demi pemerintahan yang lebih baik,’’ kata H. Maidi.

Kunjungan Kota Bengkulu bukan daerah pertama yang datang. Sebelumnya, sudah ada 20 pemerintah daerah lain yang juga melakukan kunjungan kerja di Kota Madiun terkait SIMBG. Bukan hanya daerah di Jawa. Bahkan, Kota Banjar Baru, Provinsi Kalimantan Selatan hingga Papua juga pernah datang berkunjung.

Dalam kunjungan ini, rombongan juga mengunjungi Kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koperasi dan Usaha Mikro (DPMPTSPKUM) dan Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Madiun, sebagai OPD pelaksana sistem tersebut. (Kominfo. Editor: Dibyo).

Ket.Foto Pegang Cindera mata: H. Maidi (kanan), Dedi Wahyudi (kiri)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *