Tiga Mahasiswa Ubaya Sabet Medali Olimpiade Nasional MIPA

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com  – Tiga mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) berhasil meraih tiga medali Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) 2016 di Jakarta, 23-26 Mei 2016.

Ketiga mahasiswa itu, Yoannes Maria Vianney dari Fakultas Teknobiologi yang meraih medali emas kategori Biologi, Denny Gunawan dari Fakultas Teknik Kimia yang mendapat perak kategori Kimia, dan Calvin Wijaya, mahasiswa Fakultas Teknobiologi yang kebagian medali perunggu kategori Biologi.

Ketiga mahasiswa tersebut tidak serta meraih medali. Ketiganya pernah mengalami kegagalan di event tahun-tahun sebelumnya. Yoannes, misalnya, berhasil meraih medali emas setelah tiga kali mengikuti ON MIPA.

“Tahun pertama saya ikut masih belum beruntung, pulang dengan tangan kosong. Tahun kedua saya mendapatkan medali perak. Dan akhirnya baru tahun ini saya mendapat emas,” ungkap dia, Selasa (21/6/2016).

Diakui mereka, kejuaraan tahun ini terasa lebih ketat, karena juara yang diperebutkan lebih sedikit ketimbang tahun lalu.

“Tahun lalu ada 25 pemenang dengan 20 medali, tapi tahun ini hanya 20 pemenang dan 15 medali yang diperebutkan. Jadi memang terasa lebih ketat persaingan antarpeserta,” kata mahasiswa angkatan 2013 tersebut.

Mereka akui pula, keberhasilan mereka tidak lepas dari bimbingan dosen dan kakak kelas yang sebelumnya pernah menang atau mengikuti ON MIPA. Ini tahun kelima Ubaya mengirimkan wakilnya ke tingkat nasional.

“Soalnya berupa pembahasan dan penalaran yang berbasis teoritis, agak berbeda dengan materi kuliah. Sehingga, dosen dan kakak kelas membimbing kami dengan soal-soal semacam itu terus-menerus,” tambah Denny yang masih tetap meraih medali perak seperti tahun sebelumnya.

Sementara itu Calvin, yang telah dua kali mengikuti ON MIPA dan 2 kali itu pula meraih medali perunggu, mengaku tetap bangga dengan raihannya.

“Kemarin ada syukuran dari fakultas. Rasanya senang, karena ini hasil kerja keras latihan saya selama ini. Tapi saya tidak akan berhenti, apalagi saya masih angkatan baru dan masih banyak yang harus saya pelajari,” ujarnya.

Atas prestasinya itu, selain  mendapat medali, mereka juga mengantongi hadiah uang tunai Rp 7 juta untuk medali emas, Rp 5 juta untuk peraih medali perak, dan Rp 3 juta untuk medali perunggu. (Ganefo)

Dari kiri; Calvin, Yoannes, dan Denny, mahasiswa Ubaya peraih medali perunggu, emas, dan perak ON MIPA 2016.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *