Tiga Warga Touna Terkonfirmasi Positif Covid 19

  • Whatsapp

Ampana,Beritalima.com -Perkembangan terkini Situasi covid 19 di kabupaten Tojo Una una,bahwa Sesuai rilis satgas covid-19 provinsi Sulawesi tengah tanggal 01 November 2020 dan berdasarkan hasil laboratorium kesehatan provinsi Sulawesi tengah,touna ada penambahan kasus terkonvirmasi covid -19 sebanyak tiga orang .

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Kesehatan Taufan H. Tandri pada Konferensi Pers diruang Eksekutif Kantor Bupati Touna Senin/02/11/2020.

Ketiga orang tersebut adalah, Inisial Nn FK (17 thn) dan Nn JA (18 thn) berdomisili di wilayah Ampana kota Kecamatan Ampana kota,dan Ny TI (48 Thn) berdomisi di kecamatan ratolindo.kronologis hasil trancing/penyelidikan epidemiologi yang dilakukan oleh ketiga pasien kasus terkonfirmasi,pada bulan September inisial Nn FK telah melakukan perjalanan kepalu bersama temannya Nn JA,selama beberapa hari.

Dijelaskan, Nn FK mulai merasakan mulai merasakan adanya keluhan berupa adanya kehilangan penciuman dan rasa,kemudian Nn FK dan temanya JA pada tangal 8 Oktober 2020 pulang keampana mengunakan angkutan umum setelah tiba di Ampana pada tanggal 9 Oktober 2020 mengalami adanya gaguan penciuman dan pengecapan yang kurang baik,sehinga orang tuanya memberikan terapi pengobatan mandiri yang kebetulan mempunyai apotik.

“Pada tanggal 11 Oktober 2020,Nn FK dan JA melakukan rapid test di RSUD ampana atas permintaan sendiri dengan hasil non reaktif karna pihak keluarnya kurang yakin dengan hasil rapid test tersebut maka pihak keluarganya meminta agar dilakukan pemerikasaan swap,ada pun keluhan yang dirasakan saat pemeriksaan rapid test Nn FK masih merasakan keluhan flu dan badan terasa lemas.pada tanggal 17 Oktober 2020 FK dan JA dilakukan pengambilan swap FK dan JA melakukan isolasi mandiri di rumah” kata Taufan H. Tandri

Sementara itu, pasien inisial Ny TI (48 Thn) pada tanggal 31 Agustus 2020,melakukan perjalanan kepalu dan kembali keampana pada tanggal 02 September 2020.pada tanggal 12 Oktober 2020 TI mengeluhkan Indra penciuman tidak berfungsi dengan baik dan terasah panas pada rongga hidung,sehingga pada tanggal 20 Oktober Ny TI atas inisiatif sendiri meminta untuk melakukan pengambilan swap di puskesmas Ampana timur selama.menggu hasil swaptset keluar.Ny TI melakukan isolasi mandiri dirumah

Sampel swab ketiga kasus terkonfirmasi tersebut dibawa ke loboratorium kesehatan provinsi Sulawesi tengah pada tanggal 22 Oktober 2020,dan ketiganya dinyatakan POSITIF terkonfirmasi covid-19 berdasarkan surat balai besar laboratorium kesehatan provinsi Sulawesi tengah no 800/400/TU.Lapkes-Diskes 2020 tanggal 31 Oktober tahun 2020.

Berdasarkan penyelidikan epidemiologi disimpulkan bahwa Ny FK dan Ny JA terinfeksi covid-19 di kota palu,sedangkan Ny TI kemukikanan besar terinfeksi di kabupaten Tojo Una Una,ketiga pasien kasus terkonfirmasi ini telah diedukasi dan sementara dilakukan isolasi mandiri dirumah. {HW}

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait