Tingkatkan Kapasitas Jurnalistik, Kominfo Bondowoso Gelar Bimtek Bersama Wartawan

  • Whatsapp
Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar didampingi Kadis Kominfo Ghazal Rawan foto bersama dengan wartawan diacara Bimtek. (Rois/beritalima.com)

BONDOWOSO, beritalima.com – Pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), menggelar bimbingan teknis peningkatan kapasitas jurnalis, di ballroom hotel Ijen View, Kamis 30 sampai Jumat 31 Desember 2021.

Bimtek peningkatan kapasitas jurnalis ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat.

Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar mengatakan, dari sekian banyak jurnalis yang ada di Bondowoso, hanya ada beberapa orang yang memiliki sertifikat uji kompetensi.

“Saya meminta Diskominfo untuk menganggarkan untuk uji kompetensi wartawan tahun depan,” katanya saat dikonfirmasi.

Pihaknya berharap, jurnalis tidak menyalahgunakan profesinya. Terutama dalam dalam penulisannya harus sesuai fakta, bukan hoax. “Saya ingin jurnalis menyampaikan kebenaran,” imbuhnya.

Menurutnya, jurnalis harus tetap membuat produk yang sifatnya kritik membangun, sampaikan apa yang perlu disampaikan tentang pemerintahan ini.

“Jangan menulis karena ada pesanan. Jangan hanya menggiring opini. Saya tidak ingin tulisan yang tendensius,” jelasnya.

Menurutnya, meskipun ada kerjasama dengan pemerintah. Bukan artian untuk membungkam jurnalis kalau ada ketimpangan kebijakan.

“Uang untuk kerja sama dengan media uang dari masyarakat bukan dari pejabat. Makanya media harus tetap kritis,” harapnya.

Wabup berharap, Diskominfo bisa menggelar uji kompetensi wartawan untuk jurnalis di Bondowoso yang belum tersertifikasi.

Total ada sekitar 55 peserta. Pemateri yang dihadirkan yaitu Ketua PWI Jawa Timur, Lutfi Hakim; dan Ketua Dewan Kehormatan PWI Jatim, Djoko Tetuko. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait