Tingkatkan Pengetahuan, PTPN XII Adakan Workshop Peternakan Bagi Mitra Binaan

  • Whatsapp
PTPN XII mengadakan workshop peternakan bagi mitra binaan (beritalima.com/istimewa)
PTPN XII mengadakan workshop peternakan bagi mitra binaan (beritalima.com/istimewa)

JEMBER, beritalima.com | Untuk meningkatkan pengetahuan, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII mengadakan workshop peternakan bagi mitra binaan.

Hal ini dilakukan, menjelang penyaluran modal kemitraan ternak sapi tahun 2022 direalisasikan kepada 363 mitra PTPN XII yang berada di wilayah Banyuwangi, Jember dan sekitarnya, Kamis (8/12/2022).

Bacaan Lainnya

Workshop dilakukan, untuk meningkatkan pengetahuan para mitra peternak terkait pakan dan kesehatan ternak.

PTPN XII mengadakan Workshop Peternakan yang diikuti oleh 86 orang mitra binaan, dari penyaluran dana program Pendanaan Usaha Mikro dan Usaha Kecil (PUMK) tahun 2021.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Perwakilan PTPN XII Jember tersebut, merupakan salah satu wujud program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) rutin PTPN XII.

Selain itu, sebagai upaya untuk meningkatkan kapabilitas dan kemampuan mitra binaan PTPN XII di sektor peternakan, agar dapat meningkatkan kualitas sapi potong peliharaan. Sehingga, bisa bernilai jual tinggi dan usahanya berkembang.

“Kegiatan ini merupakan program kerja tahun 2022 dan tindak lanjut dari pertemuan bersama koordinator, dan perwakilan ketua kelompok mitra binaan bulan Oktober lalu,” kata Kepala Sub Bagian Komunikasi Perusahaan dan PKBL PTPN XII, Adhi Priyo Utomo.

“Diungkapkan, permasalahan dari para peternak, terkait penyediaan pakan dan kesehatan ternak untuk menghasilkan sapi potong yang berkualitas, sehingga nilai jual sapi tinggi,” sambungnya.

Ketua Pelaksanaan Workshop menambahkan, melalui workshop ini diharapkan para mitra binaan bisa mendapatkan solusi atas kendala yang muncul, terkait penyediaan pakan dan kondisi kesehatan sapi potong.

Dalam kesempatan tersebut, Tim Komunikasi Perusahaan dan PKBL PTPN XII berkolaborasi dengan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Surabaya, untuk memberikan materi workshop kepada para peserta.

Hadir dalam kegiatan sekaligus sebagai pembicara, yakni Guru Besar Universitas Airlangga Surabaya, Prof. Dr. Herry Agoes Hermadi, drh, M.Si. serta Rektor Utama Universitas Airlangga Surabaya, Dr. Moh. Anam Al Arif, drh., MP.

Keduanya menyampaikan, materi perihal pengelolaan pakan sapi menggunakan hijauan yang ada di sekitar, dan manajemen kesehatan untuk penggemukan sapi potong.

“Ini merupakan kegiatan yang luar biasa dan bermanfaat. Peserta sangat antusias mengikuti workshop ini, karena merupakan para mitra peternak yang menghadapi langsung masalah pakan dan kesehatan ternaknya,” imbuhnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait