Tingkatkan Populasi Ikan, Ketua RT.01 Fatukoa Bersama Warga Tebar Benih Ikan di Kali

  • Whatsapp

KUPANG, beritalima.com – Ketua Rukun Tetangga (RT) 01 Kelurahan Fatukoa, Yapi Manleus bersama warga setempat menebar sebanyak 100 ekor lebih benih ikan nila di Kali Oepoi, di wilayah RT02/RW01, Kelurahan Fatukoa, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (23/3/2024).

Penebaran benih ikan tersebut, untuk meningkatkan populasi ikan di kali tersebut.

Ketua RT.01 Kelurahan Fatukoa Yapi Manleus, kepada wartawan usai melepas benih di Kali Oepoi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan populasi ikan di Kali Oepoi, dengan tujuan untuk melestarikan kembali kali tersebut.

Yapi Manleus mengajak warga sebagai upaya untuk mengedukasi agar mereka selalu menjaga kelestarian lingkungan sungai dan embung.

“Mari kita (red), menjaga dan pelihara alam kita agar kita dapat memiliki masa depan yang lebih baik,” kata Yapi Manleus menambahkan.

Yapi yang juga Wartawan Victoy News itu berharap dengan kegiatan tebar benih ikan ini populasi ikan yang ada di sungai dan embung itu tetap terjaga dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitarnya.

Pihaknya sangat menyayangkan jika ada warga yang menangkap ikan dengan cara-cara yang tidak ramah lingkungan.

“Sungguh kasihan kalau ada yang menangkap ikan ini dengan cara potassium. Ada saatnya kita tangkap, tapi bukan dengan cara potas,” ujarnya.

Ia katakan, ke depan jika terdapat warga yang menangkap ikan dengan cara dipotas, akan dikenakan sanksi. Namun, dirinya masih melakukan koordinasi lebih lanjut dengan ketua RT02 dan Lurah Fatukoa terkait aturan ini.

“Saya akan berkoordinasi dengan ketua RT02 dan lurah sehingga ke depannya, jika ada penangkapan ikan dengan cara-cara seperti ini, kita akan berikan sanksi. Sanksi dikeluarkan setelah sudah ada komunikasi dengan RT02 dan Lurah setempat,” cetusnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua RW02 Fatukoa, Nehemia Takene. Dengan penebaran benih ikan, tentunya ini akan memberikan dampak dan manfaat baik dari segi ekosistem pada perairan tersebut maupun bagi manusia sebagai bahan pangan.

Ia mengimbau seluruh pihak agar dapat memelihara bibit ikan yang sudah ditebar pada Kali Oepoi dan diharapkan pula partisipasi aktif dari seluruh masyarakat untuk bersama-sama melakukan upaya pelestarian lingkungan dan menjaganya secara berkelanjutan.

“Kita lepas ini, nantinya akan dijaga baik-baik agar dapat berkembang-biak di kali ini. Mari sama-sama jaga dan lindungi alam kita,” sebutnya.

Sementara itu, Plt Lurah Fatukoa Oktovianus Nifu, mengapresiasi gebrakan dari Ketua RT01 yang sudah menghimpun warga RW01 untuk menjaga alam dengan cara melepasliarkan bibit ikan.

Ia pun meminta warga agar bisa ikut menjaga bibit ikan tersebut sehingga dapat berkembang biak banyak. Ia juga meminta warga agar tidak menebang pohon yang berada langsung area kali sehingga tidak mengganggu debit air nantinya.

“Saya ucapkan terima kasih buat ketua RT01, dan mari kita saling kerja sama untuk menjaga dan merawat alam di Fatukoa ini,” ujarnya. (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait