TMMD ke-105 Gelar Penyuluhan Peternakan Sebagai Wujud Kepedulian Ekonomi

  • Whatsapp

TIMIKA, beritalima.com I Sadar akan berpotensi besar ekonomi di bidang peternakan, Kamis (18/07), Satuan Tugas (Satgas) TMMD ke 105 Kodim 1710/Mimika di Kampung Mandiri Jaya Distrik Wania Kabupaten Mimika menghadirkan penyuluh dari Dinas Peternakan Kabupaten Mimika untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang tata cara beternak Babi.

Penyuluhan ini, jelas Babinsa Kampung Mandiri Jaya dalam lingkungan Koramil 1710-02/Timika, Serka A. Mukib merupakan bagian dari sasaran kegiatan non fisik dalam pelaksanaan TMMD ke-105.
“Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan wawasan masyarakat tentang pengelolaan hewan yang menjadi mata pencaharian masyarakat Kampung Mandiri Jaya,” ungkap Babinsa Mukib.

Serka Mukib menambahkan, Kampung Mandiri Jaya merupakan lumbung ternak dan menjadi lokasi yang paling cocok untuk beternak. Alasannya, karena di wilayah ini masih banyak tersedia pakan ternak dan luasan lahan kosong yang dapat dimanfaatkan untuk lokasi pembuatan kandang.

Namun, akibat masih belim maksimalnya pengetahuan warga tentang bidang peternakan, membuat warga enggan beternak karena banyak yang mati sebelum siap jual. Untuk itulah, dalam pelaksanaan TMMD ke-105 Kodim 1710/Mimika menilai perlu dilakukan penguluhan dalam bidang peternakan yang dapat memberikan pencerahan pada masyarakat untuk memperbaiki tatacara atau model beternak-nya dengan baik agar dapat meningkatkan ekonomi keluarga.

Warga Kampung Mandiri Jaya, Penus Wea (37) mengungkapkan, kalau dirinya senang mendapatkan bekal pengetahuan tentang peternakan dan dia berjanji akan mencoba untuk mempraktekkan program peternakan sesuai dengan materi yang diterimanya dari penyuluhan yang disampaikan staff Dinas Peternakan Kabupaten Mimika, Ibrahim Sanda Sakke, S.Pt.,M.Si.

“Kami warga Mandiri Jaya, terutama saya sendiri sangat senang dengan ceramah yang disampaikan bapak Ibrahim dari Dinas peternakan. Setelah ini saya akan mencobanya ,” janji Penus Wea.

(indra)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *