TMMD Ke-115 di Desa Gondanggunung Tulungagung Berakhir, Ini Hasilnya

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Upacara Penyerahan hasil proyek sekaligus penutupan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahun Anggaran 2022 Desa Gondanggunung, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung berjalan lancar.

Penyerahan hasil proyek dari Komandan 0807 Tulungagung Letkol. Czi Nooris Agus Rinanto, S.I.P. Kepada Bupati atau yang mewakili bertempat, di lapangan Desa Gondanggunung, Rabu, (9/11/2022).

Hadir dalam acara, Danrem 081 Dhirotsaha Jaya, Pamen ahli bidang Jamensishaneg Pangdam V Brawijaya, Danlanud Iswahyudi atau yang mewakili, Bupati atau yang mewakili, Dandim 0807 Tulungagung, Forkopimda, Kepala SKPD Tulungagung, Kepala PUPR, Kepala Bappeda, PMD, BKKBN, Camat Pagerwojo, Kades Gondanggunung, Toga/Tomas,

Laporan hasil Proyek TMMD Tahun Anggaran 2022, dibacakan oleh Pasiter (Perwira Seksi Teritorial) Kapten Anjar Yuniarto. Pasiter mengatakan bahwa, pembangunan proyek TMMD Desa Gondanggunung keseluruhan sudah selesai 100%.

“Rinciannya, pengerjaan rabat jalan beton dengan panjang 1375 meter lebar 3 meter dan tebal 15 cm, Bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), pembangunan jamban keluarga sebanyak 4 unit, pembangunan masjid dengan luas bangunan 64 meter persegi, pembangunan MCK umum dengan dua bilik dengan luas 12 meter persegi, seluruhnya sudah selesai 100%,” Kata Pasiter Anjar.

Pasiter Anjar mengungkapkan bahwa, ada kegiatan lain yang sasarannya non- fisik, meliputi :

1. Pengobatan masal
2. Pemberian sembako
3. Penyuluhan wawasan Kebangsaan
4. Penyuluhan rekrutmen TNI
5. Sosialisasi tera timbangan
6. Sosialisasi bahaya narkoba
7. Sosialisasi Desa bersinar
8. Sosialisasi penyakit menular pada hewan ternak
9. Penyuluhan pertanian
10. Sosialisasi digitalisasi UMKM dan sosialisasi pengurusan PIRT

“Adapun biaya/anggaran yang digunakan dalam program TMMD Ke-115 Tahun Anggaran 2022, dari Komando atas dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tulungagung,” ungkapnya.

Sementara itu, sambutan Pangdam V Brawijaya yang dibacakan oleh, Inspektur Upacara Kapoksahli Pangdam V Brawijaya Brigjen Totok Suhartono menerangkan bahwa, berkat tanggung jawab, operasional proyek TMMD Ke-115 bisa sukses dan berhasil.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran Pemerintah daerah, elemen masyarakat serta semua pihak yang telah terlibat dan membantu secara moril maupun materiil, sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar, aman dan sukses,” terangnya.

Menambahkan, kegiatan TMMD Ke-115 dilaksanakan secara serentak yaitu, di wilayah Kodim 0807 Tulungagung, 0813 Bojonegoro, 0817 Gresik, 0821 Lumajang dan 0826 Pemekasan.

Menurutnya, program TMMD masih sangat dibutuhkan, mengingat sebagian besar dari wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana dan prasarana maupun insfratruktur wilayah masih sangat relevan dan diperlukan sesuai koridor Undang-undang dalam berbagai sektor pembangunan dengan melaksanakan pekerjaan dengan sasaran fisik maupun non-fisik.

Selama 1 Bulan, mulai tanggal 11 Oktober sampai 9 November 2022, prajurit TNI bersinergi dengan Pemerintah Daerah, segenap elemen bangsa serta masyarakat bahu-membahu menyelesaikan program TMMD.

“Kebersamaan ini, merupakan wujud sinergitas yang positif dalam mengisi berbagai permasalahan bangsa dan masa sekarang ini. Termasuk membantu Pemda dalam mempercepat pembangunan di daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan kemanunggalan TNI rakyat, guna menyiapkan ruang, alat dan semangat juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan Negara,” ujar Brigjen Totok.

Lanjut Brigjen Totok, Kita semua wajib bersyukur, bisa berhasil dan sukses menyelesaikan TMMD Ke-115 dengan baik dan tepat waktu. Ini merupakan wujud nyata keseriusan Pemerintah dalam upaya mengatasi segala kesulitan, sarana untuk menumbuhkembangkan jiwa gotong-royong. Mendorong semangat kebersamaan, membangun bangsa dan mempererat kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Pencapaian yang diraih saat ini, bisa dijadikan tolok ukur keberhasilan di tahun-tahun mendatang. Apabila perencanaan, pelaksanaan serta laporan hasil kegiatan melalui proses yang benar, selektif, dan akurat maka pastilah akan mendapat hasil yang optimal,” lanjutnya.

Dia berharap, dengan selesainya program TMMD tersebut, dapat berguna serta bermanfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan dan mempercepat roda perekonomian di pedesaan agar bisa lebih maju lagi.

Dengan berakhirnya program TMMD Ke-115 ini, ada beberapa harapan yang Brigjen Totok sampaikan, antara lain :

1. Pelihara terus semangat kebersamaan dan Kemanunggalan antara TNI dan rakyat.

2. Jangan mudah terhasut dan terfropokasi oleh pihak manapun yang hendak merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

3. Pelihara terus Semangat gotong-royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini. Rawat hasil program TMMD ini agar manfaatnya dapat dirasakan dan dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang.

4. Kepada para Dansatgas TMMD Ke-115 lakukanlah evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan dimasa mendatang.

5.Kepada para prajurit yang tergabung dalam satgas TMMD, dengan berakhirnya kegiatan ini, saya ucapkan terimakasih atas semangat serta dedikasinya dalam membantu masyarakat.

“Dengan mengucap syukur Alhamdulillah, kegiatan TMMD Ke-115 Tahun Anggaran 2022 secara resmi saya nyatakan ditutup,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait