TNI dan Warga Perbatasan Bersihkan Tempat Ibadah

oleh -155 views

Keerom – Sebanyak 8 (Delapan) Pajurit Komando Utama Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Yonif Mekanis 512/Quratara Yudha (QY) bersama masyarakat dari lintas agama, bergotong-royong membersihkan lingkungan dan pengecatan tempat ibadah di Masjid Ubudiah Kampung Arsotami, Distrik Arso, Kabupaten Keerom. Rabu (21/6/2017), pagi
“Semua tempat ibadah kita bersihkan, baik itu masjid, dan gereja. Prajurit TNI bersama masyarakat sekitar bersama-sama membersihkan tempat-tempat ibadah,” kata Komandan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 512/QY Letkol Inf Budi Handoko, S.Sos melalui Wadan Satgas, Kapten Inf Endra Retno Erowanto di Keerom.
Suasana kerukunan, kekeluargaan dan keharmonisan sangat terasa dalam kegiatan itu. Masyarakat perbatasan bersatu dalam kebersamaan dan kekeluargaan tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras dan antargolongan.
Semua membaur membersihkan tempat ibadah tanpa memandang perbedaan tempat ibadah agama apapun. Canda dan suasana kehangatan antarwarga menyelingi kegiatan yang digagas Satgas Pamtas Yonif Mekanis 512/QY tersebut. Kapten Inf Endra Retno Erowanto berharap, kegiatan seperti ini membuat kerukunan dan kekeluargaan di masyarakat makin erat. Kedamaian harus selalu tercipta meski masyarakat daerah dan negara ini terdiri dari berbagai perbedaan suku, agama, ras dan antar golongan.
Selain untuk menyambut hari raya Idul Fitri 1438 H, kegiatan ini juga dalam rangka menegaskan sinergitas antarumat beragama, khususnya di Kampung Arsotami, Distrik Arso, Kabupaten Keerom. Melaui kegiatan ini, TNI menyampaikan pesan bahwa masyarakat di daerah ini sangat menjunjung tinggi kerukunan, kebersamaan dan toleransi, sehingga situasi ini jangan sampai terpecah-belah oleh provokasi dari siapa dan pihak manapun.
“Mari kita bersama-sama memperkuat toleransi beragama, seperti dengan adanya kegiatan ini. Toleransi beragama di Kampung Arsotami, Distrik Arso, Kabupaten Keerom sudah terjalin sejak lama dan bagus, dan saya berpesan jangan terpancing provokasi. Kalau ada upaya yang mencoba mengacaukan daerah ini, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 512/QY akan berkoordinasi dengan Polres untuk segera menangkap siapa-siapa yang akan mengacaukan daerah ini,” kata Kapten Inf Endra Retno Erowanto.
Dia juga mengingatkan masyarakat untuk bijak dalam menggunakan media sosial dan tidak mudah terpancing provokasi terkait suku, agama, ras, dan antargolongan maupun isu lainnya yang bisa memecah-belah persatuan. Pelaku penebar kebencian di media sosial akan dilacak dan diproses hukum secara tegas.
Banyak kerugian jika keamanan dan ketertiban masyarakat terganggu. Untuk itulah Kapten Inf Endra Retno Erowanto mengajak seluruh masyarakat menjaga kondisi daerah agar tetap kondusif.
Maman Sulaiman, Takmir Masjid Ubudiah Kampung Arsotami, Distrik Arso, Kabupaten Keerom mengucapkan rasa syukur dan banyak terimakasih atas bantuan serta kerjasamanya yang telah diberikan oleh Personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY dalam rangka penyiapan Masjid Ubudiah Kampung Arsotami untuk menyambut hari raya Idulfiti 1438 H sehingga masyarakat /Jamaah Masjid Ubudiah lebih siap untuk melaksanakan ibadah hari raya Idul Fitri 1438 H.