TNI Polri Nyakin,Aceh Aman di Pilkada Serentak 2019

  • Whatsapp

ACEH, Beritalima-Apel pasukan operasi Mantap Brata Rencong 2018 dalam rangka kesiapan pengamanan pilakda serentak tahun 2019 tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak dan dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Kajati Aceh, dan Wakil Ketua I DPRA Sulaiman Abda.

Apel itu diikuti oleh ratusan personel dari berbagai satuan Polda Aceh. Tak hanya unsur kepolisian, sejumlah personel TNI, Basarnas, Satpol PP dan WH, dan sejumlah lainnya juga ikut dalam apel tersebut.

Dalam amanatnya, Irjen Pol Rio S Djambak mengatakan, Pemilu 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas, karena baru pertama kalinya Pileg dan Pilpres digelar bersamaan.

“Kondisi ini menuntut adanya upaya dari masing-masing partai politik untuk berkompetisi secara ketat, bersih, dan jujur demi meraih suara masyarakat,” kata Rio.

Dalam kacamata Kamtibmas, lanjut Kapolda, peningkatan intensitas kegiatan politik ini tentu dapat memunculkan kerawanan.

“Di antaranya, yang menjadi perhatian Polri adalah pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa, serta penyebaran hoax dan ujaran kebencian,” pingkasnya.

‘’Untuk pengamanan Pilpres dan Pileh dalam oprasi mantap brata rencong tahun 2018 melibatkan 9980 pasukan Polri dan 6600 dari unsur TNI, sedangkan Kekuatan yang kita kerahkan 2/3 dari kekuatan satuan Polri dan TNI di Aceh,”

Sama seperti pemilu tahun-tahun sebelumnya, Polri akan bekerjasama dengan TNI untuk mengamankan Pipres dan Pileg di tahun 2019 ini.

Hal serupa juga disampaikan Pangdam Iskandar Muda, Mayor Jenderal TNI Teguh Arief Indratmoko bahwa berdasarkan pemetaan, dapat dipastikan piplres dan pileg akan berlangsung aman di Aceh.

“Pada prinsipnya kami selalu bersinergi dengan pihak kepolisian. Apa yang sudah dimapping oleh pihak kepolisian, kami juga melalukan mapping yang sama,” ujar Teguh.

Sementara itu Plt Gubernur aceh Nova Iriansyah mengatakan, dalam hal pengamanan, pemerintah Aceh akan bersinergi semaksimal mungkin dengan jajaran TNI/Polri dan stakeholder lainnya.

“Kita akan bersinergi dan saya yakin sama seperti tahun 2017 dan 2018, pilpres dan pileg di Aceh akan berjalan dengan baik,” kata Nova.,’’(A79)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *