TNI-Polri Pantau Puluhan Pekerja Migran Jalani Isolasi di Pamekasan

  • Whatsapp

PAMEKASAN, Beritalima.com|Puluhan pekerja migran asal kabupaten pamekasan menjalani isolasi di islamic center ,untuk selanjutnya menjalani tes swab PCR oleh tim satgas Covid19 kabupaten, minggu (09/5/2021).

“Para pekerja migran ini datang di ke kota gerbang salam dan sesuai dengan prosedur kesehatan,dirinya harus menjalani isolasi mandiri, para pekerja migran ini harus menjalani tes swab PCR,”ungkap Ipda Herman Jayadi.

Kanit Reskrim polsek pegantenan polres pamekasan ini Ipda selaku Padal (perwira pengendali) di lapangan berkolaborasi dengan TNI dan Dinas Kesehatan Kabupaten pamekasan ,guna menekan adanya lonjakan kasus Covid19 yang berasal dari para pekerja migran.

“Untuk itu penting sekali untuk dilakukan tes swab PCR bagi migran yang sudah tiba di kampung halaman,”terang Herman.

Tes dilakukan petugas Covid19 ,untuk memastikan kesehatan para pekerja migran
,Jika hasil tesnya negatif Covid19 maka seluruh pekerja migran akan dipulangkan ke rumah masing-masing,namun apabila hasilnya positif makan akan dilakukan isolasi dan perawatan di rumah sakit untuk pengobatan lebih lanjut.

“Apabila nanti hasilnya sudah keluar,dan hasil negatif, mereka bisa melanjutkan isolasi mandiri di rumah masing-masing,” jelasnya.

Sesuai dengan rekomendasi dalam penanganan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang akan pulang ke kampung halaman, yakni setelah mereka tiba di Juanda Surabaya, langsung dilakukan tes Swab, selanjutnya menjalani karantina di Asrama Haji Sukolilo selama dua hari.

Setelah karantina dua hari, PMI ini kemudian akan dijemput oleh Pemerintah Daerah asal dan kembali menjalani karantina selama tiga hari. Setelah hari kelima mereka akan kembali menjalani tes Swab di masing-masing rumah isolasi yang sudah disiapkan.

Maka dari hasil tes Swab kedua ini, jika hasilnya positif maka selanjutnya PMI ini akan dilakukan perawatan di Rumah Sakit yang menangani pasien Covid-19.

“Sementara jika hasilnya negatif akan menjalani isolasi mandiri di rumah,”pungkasnya.(Red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait