TP-PKK Tambelangan Sampang Aktif Berikan Pembinaan di Desa

  • Whatsapp

SAMPANG, BeritaLima.com – Tim penggerak PKK (TP-PKK) Kecamatan Tambelangan, Sampang tak henti-hentinya selalu melakukan pembinaan, salah satunya di Desa Banjarbillah, hal tersebut bertujuan untuk memperkuat peran dan kontribusi PKK dalam memajukan Desa serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Dalam sambutannya Ketua TP-PKK Kecamatan Tambelangan Maya Dini Aprilia mengatakan jika PKK Desa harus mampu mengambil berbagai langkah strategis yang melibatkan partisipasi aktif warga, “Kita harus mempunyai langkah tersendiri dalam mengambil langkah strategis dan utamakan yang melibatkan partisipasi warga,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut Maya membeberkan beberapa langkah yang harus dilakukan, diantaranya:
1. Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga. Pembinaan PKK di desa dimulai dengan fokus pada pemberdayaan perempuan dan keluarga. PKK berperan sebagai agen perubahan yang mendorong peran aktif perempuan dalam berbagai sektor pembangunan. Melalui pelatihan keterampilan, perempuan di Desa tersebut didorong untuk terlibat dalam kegiatan ekonomi, meningkatkan taraf pendidikan, dan memiliki peran yang lebih signifikan dalam pengambilan keputusan keluarga.

2. Pengembangan Program Kesehatan Keluarga.
Salah satu aspek penting dalam pembinaan PKK adalah pengembangan program kesehatan keluarga. Dengan mengadopsi pendekatan preventif, PKK Desa menyelenggarakan berbagai kegiatan penyuluhan kesehatan, imunisasi, dan pemeriksaan kesehatan rutin. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran Masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan dan mencegah penyakit.

3. Pelatihan Keterampilan dan Usaha Mandiri.
Pembinaan PKK juga mencakup pelatihan keterampilan dan usaha mandiri untuk memberdayakan warga Desa secara ekonomi. PKK Desa menyelenggarakan berbagai kursus dan pelatihan, mulai dari keterampilan kerajinan tangan hingga teknik pertanian modern. Tujuan dari inisiatif ini adalah menciptakan lapangan kerja lokal dan memperkuat ekonomi masyarakat desa.

4. Program Pendidikan dan Literasi. Pentingnya pendidikan diakui sebagai salah satu pilar utama pembinaan PKK di Desa. PKK turut berperan dalam meningkatkan tingkat literasi Masyarakat dengan mengadakan program-program pendidikan non formal, pelatihan membaca-tulis, dan dukungan terhadap anak-anak dalam mengejar pendidikan formal. Melalui upaya ini, diharapkan bahwa tingkat pendidikan di Desa tersebut dapat ditingkatkan secara signifikan.

5. Lingkungan Bersih dan Sehat.
Aspek kesehatan lingkungan menjadi fokus pembinaan PKK di Desa. PKK turut serta dalam upaya membersihkan lingkungan, pengelolaan sampah, dan penanaman pohon. Dengan memperbaiki lingkungan sekitar, diharapkan kesehatan Masyarakat dapat terjaga dan tingkat kebersihan Desa meningkat.

6. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Teknologi.
Pembinaan PKK di desa juga melibatkan pemanfaatan teknologi untuk memberdayakan Masyarakat. Program-program pelatihan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) diperkenalkan untuk meningkatkan akses warga Desa terhadap informasi, mempermudah koordinasi kegiatan, dan membuka peluang ekonomi baru.

7. Kemitraan dengan Pihak Terkait.
Pembinaan PKK Desa tidak dapat terwujud tanpa dukungan dari pihak terkait. PKK menjalin kemitraan dengan pemerintah Daerah, lembaga swadaya Masyarakat, dan sektor swasta untuk mendukung program-program pembangunan. Sinergi antara berbagai pihak ini menjadi kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan pembinaan PKK di Desa.

8. Evaluasi dan Pemantauan Berkelanjutan.
Pentingnya evaluasi dan pemantauan berkelanjutan diakui sebagai langkah penting dalam pembinaan PKK Desa. Melalui sistem evaluasi yang baik, PKK dapat menilai dampak kegiatan mereka, mengidentifikasi area yang perlu perbaikan, dan mengukur progres menuju tujuan pembangunan Desa yang berkelanjutan.

“Dengan melibatkan masyarakat secara aktif dalam setiap tahap pembangunan, PKK Desa menjadi agen perubahan yang memainkan peran integral dalam meningkatkan kualitas hidup warga Desa. Melalui upaya pemberdayaan perempuan, program kesehatan keluarga, pelatihan keterampilan, program pendidikan, lingkungan bersih, pemanfaatan teknologi, kemitraan, dan evaluasi berkelanjutan, PKK Desa akan berhasil menciptakan lingkungan yang berdaya, sehat, dan berkelanjutan,” tandasnya. (FA)

beritalima.com

Pos terkait