Tradisi India Banjiri Panggung FTJ

  • Whatsapp

JAILOLO, beritalima.com – Kegiatan The Colour Run yang merupakan budaya Colour Party Holi di India, yang dikemas menjadi The Jailolo Color Run. Para pelajar dan pemuda terhipnotis dan langsung membanjiri lapangan Festival Teluk Jailolo (FTJ), Jumat (12/5/2017).

Ketua panitia The Jailolo Color Run, Norhalis Borut, mengatakan, kegiatan ini terinspirasi dari berbagai daerah seperti Kota Ternate, Halsel dan Tobelo. Sehingga dengan begitu, dalam momen Festival Teluk Jailolo (FTJ) di kabupaten Halmahera Barat, maka pihaknya usulkan ke Dinas Pariwisata Halbar dengan kegiatan The Jailolo Color Run, akhirnya di akomudir sehingga langsung disisipkan ke acara FTJ.

“Kami terinspirasi dari kegiatan ini, yang pernah di buat pada beberapa daerah, seperti di Kota Ternate, Halsel dan Tobelo,”ungkap Nurholis.

Menurutnya, pihak Comoniti Sosial Traveling Off Molukas (CSTN) sangat antusias membuat kegiatan ini karena mengacu pada faktor positif untuk ke arah lebih baik seperti dilakukan di daerah lain, jadi bukan mengadopsi tradisi india.

“jadi ini karena kami berupaya untuk berbuat baik, dengan beberapa daerah yang pernah buat, kenapa kami tidak buat,”cetusnya.

Dia mengaku, Comoniti Sosial Traveling Off Molukas (CSTN) mengusulkan anggaran sebesar Rp 44 juta, namun Dinas Pariwisata hanya  merealisasikan sebesar Rp 10 jura untuk pengadaan kaos peserta. Apalagi kegiatannya lebih modern dan bukan sederhana.

Sementara ditelusuri melalui situs internet, bahwa Holi atau festival warna merupakan festival awal musim semi yang dirayakan di India, dan Acara Colour Fun Run ini mirip sekali dengan pesta holi. Dan sepertinya panitia terinspirasi dari pesta tersebut. Hal ini diperkuat dari latar belakang publikasi dan bentuk acara. (ssd)‎

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *