Transparasi Rekrut Tenaga Kerja Smelter Disnakertrans Sumbawa Barat Gunakan Aplikasi SIP KANTI

  • Whatsapp

SUMBAWA BARAT NTB.beritalima.com| Pemerintah Daerah melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumbawa Barat membentuk Tim terpadu rekrutmen tenaga kerja pembangunan pabrik smelter Kabupaten Sumbawa Barat telah membuat aplikasi untuk perekrutan tenaga kerja di smelter dan perusahaan.

“Pemakaian aplikasi secara garis besar sebagai ruang agar perekrutan lebih terkenal, transparan dan lebih membuka ruang untuk bersahabat dengan pelamar kerja, sambil mempopulerkan teknologi kepada pencari kerja,” kata Kadis Disnakertrans KSB Ir. H. Muslimin HMY, M. Si kepada awak media, Kamis, (21/7/2022).

Ia menjelaskan, nama aplikasinya SIP Kanti (Sistem informasi pelamar, tenaga kerja terintegrasi. Aplikasi tersebut merupakan salah satu inovasi dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) KSB. Dia juga menerangkan, dalam pertemuan lanjutan tersebut, membahas terkait standar operasional prosedur (SOP) dan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis (Juklak dan Juknis) termasuk juga yang dibahas terkait proses lamaran yang dimana pelamar harus memilih spesifikasi yang dilamar dan harus lengkap, termasuk time schedule, pelaksanaan sampai pengumuman.

“Juklak dan Juknis termasuk SOP sudah selesai kami bahas, karena hal itu harus secara detail dilihat dan diatur prosesnya,dalam waktu dekat sebelum perikrutan tenaga kerja Aplikasi SIP KANTI akan segera dilaunching ” jelas Kadis.

Dia menargetkan, pelaksanaan sosialisasi akan dilakukan pada bulan Juli ini, karena awal Agustus perekrutan harus mulai tayang secara online dan offline. “Setelah SOP selesai, kami akan mulai melakukan sosialisasi tim terpadu dan pola rekrutmen ke Kecamatan, Kecamatan akan meneruskan ke Desa dan Kelurahan,” imbuhnya.

Maka dari itu, dia mengharapkan peran aktif dari Camat, Kades dan Lurah agar betul-betul mengawal dan mengarahkan warganya yang akan melamar di lokasi Smelter dan perusahaan lain. “Proses perekrutan diperkirakan akan sampai tahun 2023 dengan 1.200 pelamar lokal Kabupaten Sumbawa Barat,” tuturnya.

Dia menambahkan, dalam pertemuan lanjutan tersebut, tim terpadu rekrutmen tenaga kerja pembangunan pabrik smelter Kabupaten Sumbawa Barat melibatkan unsur pemerintah daerah dan perusahaan termasuk PT. AMNT, PT. Amin, PT. PIL dan staf khusus Bupati. Ia berharap kepada masyarakat Sumbawa Barat terutama pencari kerja, supaya berpartisipasi aktif dan mencari kerja sesuai komposisi yang dibutuhkan. (Rozak)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait