UKM Binaan Telkom Gelar Bazar Ramadhan

  • Whatsapp

beritalima.com – Program CSR PT. Telkom adalah suatu bentuk public relations yang dibangun dalam rangka pembentukan citra perusahaan melalui kegiatan-kegiatan Sosial, Ekonomi serta Lingkungan yang tujuannya adalah pembentukan good will, kepercayaan, saling pengertian, dan citra perusahaan dimata publik, termasuk menggelar bazar Ramadhan 1438 H dengan merangkul Mitra Binaan Telkom yang dikelola oleh Unit CDC (Community Development Center) Telkom Jatim Bali Nusra.
Menurut Manager CDC Telkom Jatim Bali Nusra, Dadi Ahdiyan Ardiwinata, bazaar tersebut digelar sebagai salah satu rangkaian dari program-program CDC PT Telkom, dimana para UKM memanfaatkan momen bulan suci Ramadhan untuk menambah omzet penjualannya serta memperluas pangsa pasarnya. Bazar berlangsung selama 23 hari dan berakhir 20 Juni mendatang.

“Kegiatan Bazar ini dilakukan secara rutin sebagai salah satu bentuk pembinaan, pameran, langsung kepada Mitra Binaan Telkom Regional V. UKM yang ikut serta sebanyak 60 UKM, dan tiap 3 hari sekali bergantian. Tiap UKM akan dikoordinasi ketua komunitas UKM,” kata Dadi di tempat Bazar (31/5)

Peserta Bazaar selain dari mitra binaan CDC juga dari masyarakat luar, yaitu pedagang yang biasa jualan tiap hari jumat di samping Masjid Takhobbar. Beberapa UKM yang jadi peserta pameran diantaranya UKM dari Kampung Digital binaan Telkom, dan ada beberapa UKM lain. Misalnya dari kelompok UKM Elok Mekar Sari, UKM Karang Pilang Bersatu dengan produknya handycraft dan olahan makanan, UKM kue Rungkut, Gaul Mina Rahayu, dan UKM dari sentral olahan herbal Genteng Candi Rejo. “UKM tersebut merupakan binaan Pemkot Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Pertanian serta Koperasi dan UKM Pemkot Surabaya.” kata Dadi.

Dadi menjelaskan, rata-rata UKM ini mendapat pinjaman bergulir dari Telkom. Besarannya mulai Rp 10 juta hingga Rp 75 juta, dan bisa dikembalikan selama 2 tahun dengan jasa administrasi sebesar 6%.

“Jasa administrasi itu kami gunakan untuk pembinaan. Misal pameran, workshop, pelatihan, dan lain sebagainya,” kata Dadi.

Di wilayah Telkom Regional V Jatim Bali Nusra, setiap tahun rata-rata sekitar 2.000 UKM baru yang bergabung dengan CDC, yang tersebar di 4 Propinsi, Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT.

Sedangkan dana yang disalurkan kurang lebih sekitar Rp 60 miliar setiap tahunnya. Di triwulan pertama tahun 2017 ini, telah disalurkan sekitar Rp 17 miliar dengan jumlah mitra binaan baru sekitar 500 UKM.

Secara komulatif Mitra Binaan yang masih aktif menjadi bagian dari CDC PT Telkom Regional V Jatim Bali Nusra sekitar 6.000 mitra binaan, sedangkan kalau dihitung sejak awal tahun dibentuknya CDC pada tahun 2001 sampai dengan saat ini sekitar 22.000 Mitra Binaan, dengan total penyaluran kurang lebih sebesar Rp 600 miliar.***

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *