UPTD SMPN 1 Gurah Sabet Juara II Pa MTQ,Ajang Pentas PAI 2023 Kabupaten Kediri

  • Whatsapp

KEDIRI,Berita Lima.Com – Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri mengelar lomba Pentas Pendidikan Agama Islam(PAI) setingkat Sekolah Menengah Pertama(SMP) negeri maupun swasta untuk menumbuhkan semangat berkompetisi dibidang Seni agama Islam.

Bertempat di UPTD SMPN 2 Gurah tepatnya Jalan Raya Turus No 108 Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri dan  dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri, ditandai dengan pemukulan gong,serta dihadiri dari kemenag Kabupaten Kediri kasi Pendidikan Agama Islam, Saiful Bahri.rabu(2/8/23).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri ,DR.H.Mochamad Muksin dalam sambutannya,menyampaikan bahwa pentas pendidikan agama Islam yang diselenggarakan bisa menjadikan wadah untuk siswa dan siswi SMP baik swasta maupun negeri untuk mengembangkan bakat dan minat kemampuan serta potensi pada aspek ketrampilan dan seni pendidikan agama Islam serta mempererat tali silahturahmi sesama siswa dan guru.
“selain sebagai ajang mengembangkan bakat juga sebagai ukhuwah, mempererat persaudaraan muslim dan sebagai motivasi pada siswa siswi SMP dan yang sederajat di Kabupaten Kediri dalam mengamalkan ajaran Islam lewat kompetisi”jelasnya.

DR.M. Muksin berharap agar melalui PAI dapat menjadikan sarana aktualisasi diri bagi siswa siswi dalam hal pengalaman, penghayatan, pengamalan nilai-nilai agama Islam kepada seluruh pihak agar dapat memberikan yang terbaik bagi anak didik dengan memberikan pendidikan agama yang baik bagi mereka”bagi peserta yang telah hafal Al Qur’an 30 juz akan memberikan bea siswa,agar peserta lebih semangat mengafalkan Al Qur’an.imbuhnya.

Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam(MGMP) dan Budi Pekerti SMP Negeri / Swasta Kabupaten Kediri Wahyudi, yang juga sebagai pelaksana Pentas PAI tahun 2023,mengatakan, ada 8 lomba yang diselenggarakan yakni Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Putra, MTQ Putri, Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) Putra, MHQ Putri,(khusus juz 30), Lomba Pidato PAI Putra, Lomba Pidato PAI Putri, Lomba Cerdas Cermat PAI, dan Lomba Kaligrafi Islam.

Wahyudi mengatakan kalau lomba yang diselenggarakan adalah berjenjang, artinya lomba ini dimulai dari tingkat Kabupaten, propinsi dan nasional dan ini dilaksanakan rutin setiap 2 tahun sekali. ”Dan ini kebetulan tahun 2023 dan nanti dilaksanakan 2 tahun berikutnya di tahun 2025, artinya yang juara 1 masing-masing lomba nanti akan kita kirim ke provinsi. Diikuti 720 peserta dari 72 lembaga yang masing masing lembaga mengirimkan 10 peserta lomba,” terangnya. Rabu (2/8).

Ia mengatakan kalau yang dikirim ke provinsi merupakan para juara pertama yang akan mengikuti penyisihan yang diikuti seluruh Jawa Timur dengan mengambil juara 1 lagi yang nantinya mengikuti kejuaraan di tingkat nasional yang pesertanya dari seluruh Indonesia.

Kepala SMPN 1 Gurah Ririn Kuswati.SPd menambahkan,SMPN 1 Gurah untuk tahun ini meraih juara II Pa MTQ mengapresiasi ke peserta untuk meningkatkan prestasinya supaya tahun depan lebih baik”bangga boleh atas prestasi yang diraih tapi tidak boleh sombong dan terus semangat berusaha lebih baik kedepanya”jelasnya(jar)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait