Usai Terpilih Akan Menguatkan Peran Kades Se – Jatim Untuk Pembangunan Desa

  • Whatsapp

Jawa Timur | beritalima.com – Pasca terpilihnya Ketua DPD Papdesi Jawa Timur pada Musda I, di Hotel Aston, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (27/11/2021). Ganjar Pranowo selaku Ketua Dewan Pembina yang hadir secara virtual mengharapkan agar Papdesi DPD Jatim menjadi ujung tombak pembangunan.

“Kita harapkan nanti betul-betul desa itu sebagai frontliner, menjadi gerbang paling depan untuk membangun,” ujar Ganjar pada keterangan persnya, Senin (29/11/2021).

Seperti diungkapkan Ganjar Pranowo yang juga sebagai Gubernur Provinsi Jawa Tengah, manakala desa menjadi pusat pembangunan maka menurutnya kreasi dan inovasi akan tumbuh.

Ia pun mengharapkan pada Musyawarah Daerah I itu bisa melihat dan membahas permasalahan-permasalahan di desa. Kemungkinan menurutnya problem administrasi dan bagaimana berkreasi agar desa-desa bisa berkembang.

“Bagaimana menggunakan anggaran desa dengan tepat, bagaimana mengajak partisipasi masyarakat untuk terlibat dalam penyusunan program yang ada di desa,” ujarnya.

Ganjar pun berpesan agar para kepala desa bisa saling bertukar ide dan gagasan dan meminta kepada kepala desa untuk memerhatikan kaum disabilitas.

“Saya titip juga para penyandang disabilitas yang ada di desa, ajak yuk mereka. Minimal didata untuk kemudian mereka bisa berpartisipasi,” kata Ganjar.

Lebih lanjut diungkapkan Jurianto Bambang Siswantoro selaku Ketua DPC Papdesi Mojokerto menyatakan akan sesegera mungkin melakukan pendekatan dengan seluruh Kepala Desa.

“Setelah terpilih dari organisasi aparatur pemerintah desa berupaya melakukan pendekatan dengan seluruh kepala desa agar memiliki pemahaman dan persepsi yang sama dan menguatkan peran Kepala Desa dalam membuat kebijakan,” ujar Jurianto yang terpilih sebagai Ketua DPD Pekumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) Jawa Timur secara aklamasi hingga tahun 2026

Masih diungkapkan Jurianto selain mempersatukan persepsi bagi seluruh kepala desa, menggali potensi yang ada di tiap tiap desa, hingga desa bisa dijadikan sebagai desa wisata.

“Program ke depan kita, harus memberikan kontribusi yang baik bagi anggota kita dan masyarakat pada umumnya. Kita nanti membangun Indonesia melalui membangun desa mandiri,” tuturnya kepada beritalima.com

Masih dituturkan Ketua DPD Papdesi yang baru saja terpilih akan memberikan pemahaman juga bagi kepala desa sebagai pengguna anggaran. Yang selanjutnya menurut dia agar tidak menimbulkan permasalahan dalam penggunaan anggaran.

“Kepala desa sebagai jabatan politis dengan latar belakang yang berbeda, kita satukan persepsi terhadap penggunaan anggaran agar tidak menimbulkan ego sektoral,” pungkasnya.

Reporter : Dedy Mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait