Usung Peranan Mahasiswa dalam Pemerintahan, Mahasiswa FIB Unair Juara Lomba Infografis Tingkat Nasional

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com|
Mahasiswa Universitas Airlangga kembali meraih prestasi yang membanggakan. Kali ini giliran mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya program studi Bahasa dan Sastra Indonesia yang berhasil meraih juara tiga dalam lomba infografis tingkat nasional gelaran BPKP. Mahasiswa berprestasi tersebut adalah Richo Andrianto dan Ilma Arrafi Nafi’a.

Lomba tersebut merupakan salah satu kegiatan dalam agenda BPKP Goes to Campus dan Call for Paper dalam rangka HUT Ke-40 Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan. Kegiatan tersebut terdiri dari tiga kategori perlombaan yaitu video pendek, infografis, dan karya tulis ilmiah yang bertajuk Peran dan Harapan Mahasiswa atas Pengawasan oleh BPKP. Perlombaan tersebut diikuti oleh mahasiswa PTN dan PTS dari seluruh Indonesia.

Richo mewakili tim mengatakan bahwa ia merasa senang dan bersyukur atas pencapaian tersebut. Ia mengatakan bahwa ini adalah prestasi yang sangat membanggakan selama di bangku perkuliahan.

“Saya cukup senang, karena lomba ini merupakan kemenangan saya yang kesekian kalinya selama berkuliah. Ini adalah prestasi ke-22 yang pernah saya raih,” jelasnya.

Peran Mahasiswa dalam Membantu BPKP
Richo mengatakan bahwa dalam infografisnya mereka mengusung terkait peranan mahasiswa terhadap tugas BPKP. Richo mengisi karya infografisnya dengan seputar informasi terkait dengan tugas dan fungsi, wewenang, serta peran mahasiswa dalam membantu BPKP.

“Kami membahas itu karena berkaitan dengan implementasi tugas mahasiswa membantu negara. Hal itu sebagai upaya pengawasan keuangan maupun kebijakan kampus, dapat juga melakukan penelitian, melakukan kajian dan diskusi, serta upaya kritis lainnya yang meminimalisir adanya tindakan korupsi,” tandasnya.

Selain itu, Richo mengatakan bahwa dengan karyanya itu para mahasiswa bisa turut andil dalam membantu BPKP. Ia berharap BPKP bisa lebih meningkatkan pengawasan terhadap keuangan negara.

“Harapan lebih tertuju pada BPKP dalam segi pengawasan yang transparan dari segala bidang serta dapat meningkatkan kualitasnya dari berbagai sisi,” ucapnya.

Sering Berlatih Menjadi Kunci Sukses
Selanjutnya Richo juga mengatakan bahwa kunci sukses keberhasilannya dalam lomba tersebut adalah dengan sering berlatih mendesain. Menurutnya, lomba infografis tidak hanya mementingkan estetika, tetapi konsep, ide, serta gagasan akan berpengaruh dalam penilaian juga.

“Kiat-kiat sukses dalam bidang infografis sih sering-sering berlatih mendesain biar menemukan karakter desain masing-masing sebab jika tidak berlatih sesering mungkin akan kesulitan dalam praktik lomba,” tukasnya.

Richo berharap akan semakin banyak Ksatria Airlangga yang bisa mencetak prestasi. Richo berharap dengan prestasinya bisa memotivasi para mahasiswa untuk turut andil dalam membantu kegiatan pemerintah.

“Kita merupakan generasi penerus bangsa serta harus kritis dan peka terhadap segala kondisi yang ada. Hal tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya mengikuti perlombaan di berbagai jenis cabang lomba,” ungkapnya. (Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait