UWKS Wisuda 466 Sarjana dan Magister, Peringkat Dalam PTS Sangat Prestisius

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) kembali menggelar wisuda di kampusnya, Sabtu (20/5/2023). Kali ini yang diwisuda sebanyak 466 Sarjana dan Magister dari berbagai fakultas.

Rektor UWKS, Prof. Dr. H. Widodo Ario Kentjono, dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar para lulusan UWKS ini dapat terus berkarya, memberikan manfaat dan kontribusi nyata bagi masyarakat, bangsa dan negara.

“Wisuda bukanlah akhir dari segalanya, justru menjadi awal dari proses kehidupan yang sesungguhnya. Janganlah berhenti belajar. Bekal yang telah diberikan selama proses pembelajaran diharapkan mampu menumbuhkan kreativitas dan inovasi agar bisa terus berkontribusi, bermakna dan bermanfaat untuk kehidupan masyarakat,” pesan Prof Widodo.

“Tingkatkan kepercayaan diri dalam persaingan dunia kerja dan selalu terus menerus mengingat Tuhan,” lanjutnya. “Jadilah Magister dan Sarjana yang memiliki nalar jiwa raga dan hatinya dengan “jati diri kejiwakusumaan” yang memuat sikap budi pekerti luhur, yakni teguh, ‘teteg’, ‘tatag’, ‘tanggon’, dan ‘trapsilo’ sebagai ciri khas atau Jatim diri keluarga besar UWKS,” imbuhnya.

Disampaikan pula, dengan wisuda kali ini UWKS telah meluluskan total sebanyak 42.291 lulusan, yang terdiri dari lulusan Asisten D-3 sebanyak 487 orang, Sarjana (S-1) sebanyak 35.030 orang, Magister (S-2) sebanyak 878 orang, Profesi Dokter sebanyak 5.402 orang, dan Profesi Dokter Hewan 494 orang.

Dan yang perlu dibanggakan, lanjut Prof Widodo, menjelang usia 41 tahun ini UWKS mengalami banyak peningkatan dalam dunia pendidikan tinggi. Menurut peringkat terbaru yang dirilis Unirank, UWKS berhasil meraih peringkat 3 di antara perguruan tinggi swasta di Surabaya, peringkat 7 di Jawa Timur, dan peringkat 30 di seluruh Indonesia.

Unirank adalah sebuah lembaga penilaian terkemuka yang mengkhususkan diri dalam evaluasi universitas dan perguruan tinggi di seluruh dunia, telah mengakui prestasi UWKS sebagai salah satu lembaga pendidikan yang unggul di Indonesia.

Peringkat ini mencerminkan dedikasi dan komitmen UWKS untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi kepada mahasiswanya serta melibatkan diri dalam penelitian dan pengembangan yang berdampak positif bagi masyarakat.

“Kami sangat bangga dan bersyukur atas peringkat yang diperoleh UWKS dari Unirank. Ini merupakan bukti nyata dari upaya kolektif seluruh fakultas, staf, mahasiswa, dan seluruh komunitas UWKS yang bekerja keras untuk menjaga standar keunggulan akademik dan profesionalisme dalam semua aspek kehidupan kampus,” tandas Widodo.

UWKS telah lama dikenal sebagai lembaga pendidikan yang mengutamakan kualitas dan integritas, serta fokus pada pengembangan kepemimpinan, kecakapan akademik, dan keterampilan yang relevan dengan dunia kerja.

Dengan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan industri, UWKS bertujuan untuk mencetak lulusan yang siap menghadapi tantangan global dan berkontribusi secara signifikan dalam pembangunan masyarakat.

Prestasi ini menjadi pendorong bagi UWKS untuk terus meningkatkan standar pendidikan dan pelayanan, serta melanjutkan upaya dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. UWKS berkomitmen untuk memberikan lingkungan belajar yang inklusif, inovatif, dan inspiratif bagi para mahasiswa.

Selain itu, dalam kesempatan ini UWKS juga mengumumkan peluncuran Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Program ini dirancang untuk memberikan kesempatan kepada individu yang memiliki pengalaman kerja atau pendidikan sebelumnya yang relevan untuk memperoleh pengakuan atas pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka peroleh.

Melalui RPL, calon mahasiswa dapat mempercepat proses pendidikan mereka dengan mengurangi jumlah mata kuliah yang harus mereka ambil, berdasarkan pemahaman dan kompetensi yang mereka miliki.

Program RPL UWKS adalah inisiatif yang bertujuan untuk memberikan akses yang lebih luas bagi individu yang ingin melanjutkan pendidikan mereka tanpa harus mengulang mata kuliah yang telah mereka pelajari sebelumnya. Dengan memanfaatkan RPL, UWKS berkomitmen untuk memperluas peluang pendidikan tinggi dan mendukung mobilitas sosial di Indonesia. (Gan)

Teks Foto: Sebanyak 466 lulusan UWKS yang diwisuda Sabtu (20/5/2023).

beritalima.com

Pos terkait