Vaksinasi Pasien Eks Psikotik UPT RSBL Kediri

  • Whatsapp

KEDIRI, beritalima.com | Enam orang klien eks psikotik dari Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Laras (UPT RSBL) Kediri mengikuti vaksinasi Covid-19 tahap 1 di PKM Pembantu (Pustu) Butuh, Selasa (19/10/2021). Vaksinasi ini diselenggarakan atas kerjasama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Pelas.

Vaksinasi pada klien eks psikotik UPT RSBL Kediri ini dimulai dengan proses pendaftaran dan verifikasi data peserta. Setelah itu dilaksanakan screening kesehatan sesuai standar operasional pelayanan (SOP) yang ditentukan tim vaksinator dari PKM Pelas, yakni pemeriksaan suhu tubuh dan tekanan darah.

Setelah semua klien memenuhi persyaratan, dilakukanlah vaksinasi, terus diobservasi selama 30 menit. Dari observasi ini, jika ada efek samping yang terjadi pasca vaksinasi, maka akan langsung ditindaklanjuti. Dan karena semuanya berjalan normal, kegiatan ini diakhiri dengan pemberian kartu vaksinasi dan pemberian jadwal untuk vaksinasi dosis kedua.

Kegiatan vaksinasi ini merupakan kelanjutan dari vaksinasi sebelumnya. Enam klien yang divaksin kali ini sebelumnya tidak ikut vaksin karena masih berada di RSJ Radjimanwediodiningrat Lawang Malang untuk pengobatan medis kejiwaannya.

“Setelah Kembali ke UPT, 6 orang klien tersebut langsung kami ajukan untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19, dan langsung ditindaklanjuti oleh PKM Pelas dengan memvaksin mereka di PKM Pembantu (Pustu) Butuh,” kata Kepala Seksi Pelayanan Sosial UPT RSBL Kediri, Ina Nuryani, sembari menambahkan bahwa vaksinasi ini dalam rangka untuk mencapai Herd Immunity di UPT-nya.

Vaksinasi yang lokasinya tidak jauh dari UPT RSBL Kediri ini dihadiri diantaranya dr. Lina Yohan Wilujeng selaku Kepala PKM Pelas sekaligus penanggung jawab kegiatan vaksinasi, Witomo selaku petugas screening, dan Esti Rahajuningtyas selaku petugas vaksinator. Sedangkan dari UPT RSBL Kediri, selain Ina Nuryani, hadir pula Taufik Wahyu selaku Pengelola Rencana Sosial dan Kesehatan, dan Ari Puspita Dewi sebagai perawat. (Gan)

Teks Foto: Salah seorang klien eks psikotik dari UPT RSBL Kediri saat divaksin tahap 1 di PKM Pembantu (Pustu) Butuh, Selasa (19/10/2021).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait