Wabub Wonosobo  Resmikan Pusat Pelatihan dan Pendidikan, Pengolahan Sampah Terpadu TPS3R di Desa Talundombo

  • Whatsapp

WONOSOBO, beritalima.com | Secara resmi Tempat Pengolahan Sampah 3R ( reduce, reuse, recycle) di desa Talunombo kecamatan Sapuran kabupaten Wonosobo pada Selasa (22/11/2022) diresmikan oleh Wakil Bupati Wonosobo Drs. H. M. Albar, M.M.

Untuk diketahui bahwa TPS 3R merupakan tempat dilaksanakannya kegiatan, pengumpulan, pemilahan, penggunaan ulang, dan pendauran ulang skala kawasan, dalam hal ini akan dipergunakan untuk pusat pengolahan sampah dari masyarakat  baik dari Talunombo dan desa sekitar serta menjadi  pusat pelatihan dan pendidikan, pengolahan sampah terpadu.

Bacaan Lainnya

Sementara luas dari TPS3R yang dibangun tersebut memiliki luas 2.300 m2.

“Untuk tahapan awal kami membangun gedung serta dilengkapi mesin pencacah sampah dan rumah lalat BSF, magot yang nantinya terintegrasi untuk pakan ternak,” terang Badarudin kepada awak media ini.

Diungkapkan Kades Talunombo ini bahwa pembangunan TPS3R tersebut menggunakan alokasi dana DAK (dana alokasi khusus) yang bersumber dari APBN melalui  Dinas Lingkungan hidup Kabupaten Wonosobo.

Dalam kesempatan tersebut Wabub kabupaten Wonosobo berharap kelompok masyarakat dan Pemdes Talunombo serius dalam menangani sampah yang ada.

“Sehingga nantinya sampah tersebut akan memiliki nilai ekonomi dapat menjadi sumber pendapatan masyarakat, baik diolah menjadi pupuk organic maupun kerjaninan,” Harap Albar.

Di acara peresmian TPS3R tersebut juga ditampilkan pagelaran fashion show menggunakan kostum dari limbah serta pagelaran wayang dengan dalang dari mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang turut dihadiri dari masyarakat di kawasan desa Talunombo, Forkompimca Sapuran dan Forkompimda Wonosobo. (Edi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait