Wabup Gresik Ajak Kader Muslimat NU Atasi Masalah Sampah

  • Whatsapp
Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah, saat acara SIBA KLASIK (Sidokumpul Barat, Kampung Pilah Sampah Organik) di Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Gresik, Sabtu (23/09).

GRESIK,beritalima.com-Persoalan sampah menjadi isu global yang harus ditanggulangi untuk menjaga kelestarian alam.

Untuk itu, Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah, mengajak kalangan Muslimat NU untuk beker sama menanggulangi masalah tersebut.

“Saat ini sampah telah menjadi persoalan dunia, tidak hanya mengotori lingkungan bahkan dapat menyebabkan nyawa melayang. Maka kita perlu bekerjasama agar hal seperti itu tidak terulang kembali,” saat acara SIBA KLASIK (Sidokumpul Barat, Kampung Pilah Sampah Organik) di Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Gresik, Sabtu (23/09).

Wabup menjelaskan, solusi atas sampah tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah saja. Diperlukan partisipasi tiap lapisan masyarakat sehingga menciptakan lingkungan yang lestari.

Karenanya, melalui Muslimat NU wabup yang akrab disapa Bu Min itu ingin memberdayakan kader pengolahan sampah. Hal ini dinilai dapat meningkatkan kapasitas Muslimat NU di berbagai bidang.

“Saat ini kita perlu edukasi bagaimana Muslimat NU dapat meningkatkan kapasitas ekonominya melalui pengolahan sampah, karena ini sangat berpotensi sekali mendatangkan keuntungan yang positif bagi kita dan lingkungan,” ujar Bu Min.

Usulan ini disambut antusias oleh para anggota Muslimat NU yang hadir. Mereka terlihat begitu begitu bersemangat meski usia sudah tak lagi muda. Semangat ini didukung dengan basis Kampung SIBA KLASIK yang sudah lama bergerak di bidang pengolahan sampah.

Bu Min berharap semangat ini dapat ditularkan kepada Muslimat NU yang lain di Kabupaten Gresik. “Karena semangat perjuangan Muslimat NU dalam menegakkan panji-panji Islam itu, termasuk dalam ranah kebersihan dan keindahan lingkungan, tidak hanya pendidikan, kesehatan, dan perekonomian.” ungkapnya.

Turut serta dalam agenda kali ini Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gresik Sri Subaidah, Ketua PC Muslimat NU Gresik Hj. Aliyah Ghozali, Lurah Sidokumpul Sulaiman Rasyid, perwakilan dari lembaga Zero Waste Gresik yang terdiri dari ECOTON, PATTIRO, REEI Gresik, dan Pertamina Lubricants.(*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait