Lokomotif Produk Fried Krupp Jerman, Akan Jadi Monumen di Jember

  • Whatsapp
Lokomotif produk Fried Krupp asal Jerman akan jadi Monumen di Jember (beritalima.com/sugik)
Lokomotif produk Fried Krupp asal Jerman akan jadi Monumen di Jember (beritalima.com/sugik)

JEMBER, beritalima.com | Lokomotif produk dari perusahaan Fried Krupp asal Jerman akan dijadikan Monumen di Jember.

Lokomotif dari perusahaan Fried Krupp Jerman itu, tiba di Indonesia pada tahun 1962, dan bahkan sempat beroperasi di Jember pada tahun 1986 hingga tahun 1991 sebagai kereta lansiran.

Bacaan Lainnya

Tidak hanya di Jember, lokomotif produk dari Jerman dengan nomor seri D30113 itu juga pernah beroperasi di Madiun sekitar tahun 2001.

Namun pada tahun 2018, lokomotif tersebut sudah tidak beroperasi dan akan dijadikan Monumen lokomotif di sekitar area Stasiun Jember, tepatnya di Jalan PB Sudirman, Kelurahan Jember Lor, Kecamatan Patrang.

“Karena lokomotif tersebut sudah tidak dioperasikan sejak dari tahun 2018,” kata Pelaksana Harian Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Anwar Yuli Prastyo, Jumat (22/9/2023).

Lokomotif produk dari Jerman itu didatangkan dari Cilacap dan saat ini sudah dilakukan proses pendirian Monumen di Jember.

Namun karena masih tahap renovasi, pihak KAI meminta masyarakat agar tidak berswafoto ataupun nongkrong di lokasi Monumen lokomotif tersebut.

“Sehingga kami perlu melakukan restorasi dan pengecetan ulang, agar tampilannya lebih menarik,” ucap Anwar.

Selain itu juga, nanti akan dilakukan penambahan alat pengaman dan aksesoris di sekitar lokasi, untuk menambah kawasan tersebut.

“Diharapkan, monumen lokomotif ini bisa menjadi icon baru dan salah satu kebanggan masyarakat Jember,” pungkasnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait