Wabup Jember: Lingkungan Bersih, Akan Menarik Wisatawan

  • Whatsapp

JEMBER, beritalima.com | Peringatan World Cleaner Up Day 2021 atau Hari Bersih-Bersih Sedunia, sejumlah masyarakat melaksanakan kegiatan di sejumlah tempat.

Salah satunya, beberapa komunitas melaksanakan Bersih-Bersih di wahana wisata Jenggawah Hill, yang dihadiri Wakil Bupati Jember KH. Muhammad Balya Firjaun Barlaman atau Gus Firjaun, Sabtu (18/9/2021).

Bacaan Lainnya

Menurut Wabup, kegiatan ini untuk melestarikan lingkungan, menjaga kebersihan dan mengubah perilaku masyarakat.

“Bisa diawali dari diri sendiri, dengan tidak membuang sampah sembarangan dan memperkecil sampah plastik. Bila ini dibiarkan, akan berbahaya bagi kelestarian alam dimasa berikutnya,” kata Wabup.

Disamping itu, kegiatan ini untuk menggalakkan wisata yang ada di jember. Apalagi, saat ini wisata di jember sudah mulai dibuka.

“Karena bagaimanapun juga, lingkungan yang bersih akan menarik wisatawan, baik domestik maupun luar,” jelas Gus Firjaun.

Wabup menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Jember kedepan, akan memetakan obyek wisata yang ada.

“Kita masih menata Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), untuk melihat potensi. Termasuk Jenggawah Hill, harus bisa dikembangkan oleh desa, kecamatan ataupun pokmas,” ucapnya.

Wabup menyampaikan, wisata tidak harus alam, bisa wisata kuliner, religi dan sebagainya, apapun itu bisa dilakukan. “Terpenting, bagaimana nanti kreatifitas masyarakat didesanya,” bebernya.

Sementara salah satu Pembina Pramuka SMAN Jenggawah, Abdus Syukur, dalam kegiatan itu menerjunkan sekitar 19 anggota pramuka.

Dengan harapan, sampah tidak berserakan di pinggir jalan. Terutama disekitar Gunung jenggawah, karena akan menimbulkan bau dan bisa menjadi sarang penyakit.

“Tentunya, bagi peserta didik kami, ini sebagai edukasi yang berharga. Karena kata wakil bupati, kebersihan sebagian dari iman,” imbuhnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait