Wabup Situbondo Ungkap Kejayaan Situbondo Tak Lepas dari Peran Lansia

  • Whatsapp
Wabup Situbondo Nyai Khoironi serahkan penghargaan diacara lansia. (Bet/beritalima.com)

SITUBONDO, beritalima.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Situbondo menggelar acara Deminar Lansia, Kamis (2/5/2022). Kegiatan tersebut berlangsung di Pendapa Graha Amukti Praja.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Situbondo, Nyai Hj Khoirani mengatakan, salah satu tujuan dari kegiatan tersebut yakni, sebagai bentuk apresiasi kepada para lansia yang turut berkontribusi membangun Kota Santri Pancasila. “Tentunya dengan semangat dan tekad yang kuat untuk bangkit,” ucapnya.

Lebih lanjut, perempuan asal Kecamatan Besuki ini mengungkapkan, Lansia merupakan siklus hidup manusia yang hampir akan dialami setiap orang. Sehingga manusia harus menjaga pola kesehatan dan gaya hidupnya.

“Seorang Lansia memungkinkan mengalami penurunan atau keterbatasan baik fisik, mental, sosial dan ekonomi. Oleh karena itu, seorang Lansia harus mendapatkan pelayanan kesehatan yang sesuai standard dan pemenuhan hak-haknya,” tambahnya.

Lebih jauh, perempuan yang akrab disapa Nyai Khoi ini menyampaikan, pada tahun 2021, jumlah Lansia di Kabupaten Situbondo 42,2 persen atau 109.994 jiwa dari jumlah penduduk. “Jumlah Lansia yang cukup besar ini tentu membutuhkan perhatian dari semua pihak mulai dari lingkungan terkecil yaitu Keluarga, pemerintah desa, kecamatan, kabupaten dan sampai menjadi urusan negara,” imbuhnya.

Sehingga, menurut Nyai Khoi, kesehatan Lansia di Kabupaten Situbondo bisa terjamin. “Dengan begitu akan terwujud Lansia yang sehat, sejahtera, mandiri dan produktif baik secara sosial dan ekonomi,” tegasnya.

Tidak lupa, Wabup Nyai Khoi juga mengajak para lansia untuk mencegah dan memberantas peredaran rokok ilegal di Situbondo. Mengingat keberadaan rokok ilegal merugikan negara dan masyarakat.

“Ketika rokok ilegal itu tidak diberantas, maka penerimaan negara dari sektor cukai akan menurun. Nah jelas ini berdampak terhadap Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT -red) yang kita terima,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Situbondo, Nyai Hj Khoirani, Ketua TP-PKK Situbondo, Hj Juma’ati Karna Suswandi, perwakilan Kapolres, perwakilan Dandim 0823, perwakilan Kajari Situbondo, Kadinkes, Kadinsos, Kepala DP3AP2KB, perwakilan Ketua PWRI dan Ketua PEPABRI. (Adv/Bet)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait