Wabup Tulungagung Hadiri Perayaan Kupatan Massal di Kelurahan Kepatihan

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Warga Kelurahan Kepatihan, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, bersama warga lingkup perumahan Patihan City Center, menyelenggarakan perayaan kupatan massal.

Perayaan kupatan massal dalam bulan Syawal setelah Hari Raya Idul Fitri ini dapat dijadikannya sebagai ajang silaturahmi, dan sudah menjadi tradisi turun-temurun.

Acara kupatan digelar sepanjang jalan gang 7, disambut antusias warga setempat dan sekitarnya. Sajian berbagai macam jenis masakan ketupat disediakan gratis untuk dinikmati warga yang hadir, Kamis (26/5/2022) malam.

Kupatan massal dihadiri dan dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) Tulungagung, Gatut Sunu Wibowo, turut hadir Camat Tulungagung (kota), Lurah Kepatihan dan lainnya.

Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo menghimbau kepada masyarakat, khususnya, warga gang 07 Kelurahan Kepatihan agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Gatut Sunu Wibowo mengatakan, dirinya juga mengaku senang dan bahagia bisa berkesempatan berada di tengah-tengah warga dalam acara kupatan masal tersebut.

Gatut Sunu berharap, melalui pertemuan di acara kupatan tersebut memiliki makna dan manfaat yang besar untuk meningkatkan rasa kebersamaan.

Sehubungan masih dalam bulan Syawal, Gatut Sunu atas nama pribadi dan Pemkab Tulungagung mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H mohon maaf lahir dan batin.

“Mudah–mudahan dengan kita saling bermaaf–maafan, ini bisa mempererat tali silaturahmi dan semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT,” ungkap Gatut Sunu.

Wabup juga mengungkapkan bahwa, Kupatan Masal ini merupakan hasil pemikiran dari para Walisongo dalam menyebarkan agama Islam melalui budaya umumnya.

Tradisi kupatan tersebut, dilakukan oleh masyarakat jawa yang selalu digelar dengan perayaan hari raya Idul Fitri.

“Tradisi kupatan ini bukan hanya sekedar perayaan yang dilakukan tanpa makna, Kupatan berasal dari kata Kupat yang artinya mengaku lepat yaitu mengakui kesalahan sebagaimana kita sebagai manusia biasa tak lepas dari banyak kesalahan dengan sesama,” tandasnya.

Usai membuka acara Kupatan Massal, Wabup bersama rombongan diiringi kesenian Barongsai Jawa dan Kuda Lumping, menyapa warga masyarakat dengan mengunjungi lapak meja warga.

Sementara itu, Rio Hendrawan Nusantara salah salah satu warga perumahan Patihan City Center menuturkan jika dirinya mengaku senang atas terselenggaranya kupatan massal dengan lancar.

“Kami bersama warga perumahan Patihan City Center mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya acara ini,” lanjut rio

Rio menambahkan, Alhamdulillah, warga kelurahan Kepatihan kompak. Apapun kegiatan positif lingkungan, kami warga perumahan turut mendukung.

“Diharapkannya, acara serupa dapat diadakan lagi pada waktu mendatang guna mempererat tali silaturahmi antar warga,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait