Wagub Emil Beri Ucapan Selamat Ulang Tahun Kepada Kaisar Jepang Naruhito

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menghadiri resepsi hari ulang tahun ke-60 Kaisar Jepang Naruhito yang diselenggarakan di Ballroom Hotel JW Marriot Surabaya, Kamis (20/2) malam. Dalam kesempatan tersebut dirinya turut menyampaikan selamat dan berharap agar hubungan persaudaraan Jatim-Jepang bisa terus meningkat di berbagai sektor.

“Saya ucapkan selamat ulang tahun untuk Kaisar Naruhito, dan mudah-mudahan persahabatan kita semakin erat,” sebut Emil Dardak, sapaan akrab Wagub Jatim.

Dalam sambutannya, Wagub Emil mengungkapkan kebahagiannya melihat terus meningkatnya hubungan antara Indonesia-Jepang, terlebih lagi Jatim-Jepang. Dari sektor perekonomian, tercatat hingga triwulan III tahun 2019, nilai total realisasi investasi Jepang di Jatim mencapai USD 1,8M atau Rp. 24,8T. Nilai tersebut juga disertai dengan kinerja perdagangan Jatim-Jepang tahun 2015-2019 yang mengalami surplus.

“Kita melihat bahwa hubungan secara ekonomi sangat baik antara Jatim dan Jepang. Serta kita juga memiliki perdagangan yang baik dengan Jepang,” ungkapnya.

Selain kerjasama dalam sektor ekonomi, Wagub Emil menuturkan jika sesungguhnya Jatim dan Jepang memiliki kemiripan dalam beberapa aspek, terutama culture yang mengakar di kedua wilayah. Oleh sebab itu sejak tahun 2014, Jawa Timur telah menjadi Sister Province dengan Osaka yang tentunya semakin membuka peluang kerjasama antar kedua wilayah.

“Mudah-mudahan Sister Province ini akan terus berlanjut membawa manfaat seperti pengiriman guru bahasa Jepang di Jatim dalam program NIHONGO yang telah dimulai pada 2016 lalu,” tutur orang nomor dua di Jatim itu.

Selain pengiriman guru bahasa Jepang, program pertukaran pelajar SMA juga menjadi salah satu program unggulan yang telah dimulai pada 2014 lalu. Dengan adanya pertukaran tersebut interaksi kebudayaan antar keduanya semakin sering berlangsung. Seperti halnya tari-tarian yang sering digelar di masing-masing wilayah.

“Saya harap akan ada pertukaran budaya yang lebih banyak lagi yang bisa kita lakukan,” tambahnya.

Menyambut ucapan selamat Wagub Emil, Konsulat Jenderal Jepang untuk Surabaya Tani Masaki dalam sambutannya berterima kasih atas kedatangan Wagub Emil dalam HUT Kaisar Naruhito malam itu. Dirinya juga berharap bahwa persahabatan Jatim-Jepang yang telah terbangun selama ini bisa terus meningkat.

“Dari paralimpiade di Tokyo nanti akan lahir banyak pertukaran. Misalnya masyarakat Jepang yang ada disini bersama masyarakat Indonesia dapat menikmati dan mendukung para atlet kedua negara,” ujar Konjen Tani Masaki yang hadir bersama istrinya.

Dirinya juga melaporkan jika hingga saat ini tercatat setidaknya 800 orang warga negara dan 150 perusahaan asal Jepang yang terpencar di seluruh Jatim. Hal itu diharapkan bisa terus meningkat di masa depan.

Sementara itu, perayaan ulang tahun Kaisar sendiri jatuh pada tanggal 23 Februari. Tahun ini merupakan ulang tahun pertama bagi Kaisar Naruhito di era “Reiwa” dimana sejak tanggal 1 Mei 2019 dinobatkan sebagai Kaisar.

beritalima.com

Pos terkait