Wagub Ingatkan Pentingnya Kreatifitas Dalam Dunia Usaha

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Wakil Gubernur Jatim Drs. H. Saifullah Yusuf mengingatkan pentingnya sebuahkreatifitas dalam dunia usaha. Sebab, saat ini kemandirian dan keberlangsungan suatuusaha sangat ditentukan seberapa jauh kreatifitas yang diciptakan.“Kreatifitas perlu kita dorong terus untuk bisa hadir di semua bidang usaha baikmikro, kecil ataupun besar.

Ini penting dilakukan karena kreatif sangat berharga bagi semuapihak dimanapun tempat kita mengabdi,” tegas Gus Ipul sapaan akrab Wagub Jatim saatmembuka acara HUT Astra ke-60 Surabaya di Grand City Convex, Surabaya, Jumat (21/07).Menurut Gus Ipul, kreatifitas adalah sesuatu yang mengandalkan ide atau gagasanyang dielaborasi dengan ketrampilan.

Dalam perwujudannya sebuah ide akan diolahmenggunakan sumber daya sekitar sehingga bisa memberi nilai tambah dan menghasilkansesuatu yang berbeda. “Oleh sebab itu saya menyambut baik gagasan Astra untuk berbagipengalaman kepada para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM),” ungkapnya.Ditambahkan, lewat berbagi ilmu dengan UKM harapannya kedepan bisamemberikan kesempatan pada UKM agar bisa bersaing dalam menghadapi perekonomianglobal. Jumlah UKM di Jatim lanjutnya, mencapai 6 juta lebih yang berkontribusi 54 persenterhadap PDRB Jatim. Karenanya peningkatan kualitas UKM menjadi prioritas pemerintah,melalui kerjasama dengan berbagai pihak. “Saat ini para pelaku UKM perlu diupdateteknologinya, kualitas SDM nya, dibantu akses pemodalan, serta pemasarannya.

SebabUKM adalah salah satu pilar ekonomi Jatim,” tukasnya.Dalam kesempatan sama, Gus Ipul menyampaikan, salah satu andalan pemasukanPemprov Jatim adalah pajak kendaraan bermotor.

Berdasarkan data yang ada target pajakkendaraan bermotor tahun 2017 sekitar Rp. 12 trilyun, sedangkan per Juli 2017 sudahmencapai Rp. 6 trilyun. Hal itu membuktikan bahwa penerimaan pajak tetap mencapaitarget, meskipun ada kelesuan pada penjualan mobil.

“Menurunnya pembelian kendaraan motor berbanding lurus dengan nurunan dayabeli masyarakat, ini merupakan dampak dari melemahnya ekonomi global. Kita harusoptimis tahun depan ekonomi masyarakat meningkat seiring membaiknya perekonomiandunia,” pungkasnya. Sementara itu, Direktur PT. Astra International Tbk, Johanes Loman menyampaikan,perayaan HUT Astra ke-60 dilaksanakan di lima kota yaitu Yogyakarta, Balikpapan,Surabaya, Medan, dan Makassar. Khusus untuk perayaan di Surabaya Astra mengambiltema “Astra Untuk Indonesia Kreatif” dalam rangka peringatan Hari Koperasi tahun 2017.Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari yakni mulai tanggal 21 sampai 23 Juli 2017.(rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *