Walikota Ingin Kota Madiun Menjadi Penghasil Madu Lebah

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com – Upaya Walikota Madiun, Jawa Timur, untuk mengenalkan budidaya lebah madu terus berlanjut. Kini giliran warga di Kelurahan Madiun Lor yang mendapatkan pembinaan dan pelatihan, Minggu 21 Agustus 2022.

Walikota Madiun, H. Maidi, mengatakan, budidaya lebah madu sebelumnya telah diujicoba. Yakni, di Pondok Pesantren Abi Bahrun Madinatul Jannah di Jalan Merpati dan Ngrowo Bening Edupark.

“Di sana sudah sukses semua. Maka ini saya tularkan kepada masyarakat agar budidaya lebah madu ini semakin berkembang dan bisa menjadi ikon Kota Madiun,” tutur H. Maidi.

Menurutnya, upaya yang dilakukannya ini mengadaptasi cara di Thailand. Raja Thailand melakukan ujicoba budidaya tanaman. Setelah berhasil, lantas ditularkan kepada rakyatnya. Tak butuh waktu lama sampai budidaya itu meluas dan menjadi ikon di Thailand.

Untuk itu, ia berharap pemberdayaan masyarakat dalam budidaya lebah madu ini bisa semakin optimal. Sehingga, memberikan keuntungan bagi masyarakat Kota Madiun sendiri.

Jika budidaya lebah madu berhasil, Maidi berencana menyelenggarakan kegiatan khusus yang tujuannya untuk mengenalkan produk unggulan dari Kota Madiun, sekaligus meramaikan kota.

“Nanti kita pajang produknya di Jalan Pahlawan. Lalu kita adakan festival sedot madu massal,” tandasnya. (Kmf/editor Dibyo).

H. Maidi (kanan) atas.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait