Pembangunan Pelabuhan Taddan Tersandung Kemenhub

  • Whatsapp

SAMPANG, beritalima.com|
Rencana Proyek pembangunan Pelabuhan Taddan Sampang, Madura yang dicanangkan oleh
Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur, ternyata tidak berjalan dengan mulus. Pasalnya, hingga saat ini pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum menyetujui terkait program pengembangan Pelabuhan tersebut, pelabuhan Taddan sendiri berlokasi di Kecamatan Camplong.

Hal itu disampaikan oleh anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Hidayat SAg MSi. Anggota komisi D tersebut mengatakan bahwa proyek pembangunan Pelabuhan Taddan Sampang masuk dalam program Nawa Bhakti Satya Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yaitu Jatim Akses.

Sementara tender proyek pembangunan Pelabuhan Taddan dimenangkan oleh PT Bimapatira Pradanaraya dengan nilai kontrak Rp 12,8 miliar dari total pagu anggaran Rp 15 miliar. Namun hingga saat ini pembangunan tersebut belum bisa dilaksanakan karena masih menunggu persetujuan dari Kementerian Perhubungan.

“Ini patut disayangkan padahal sebenarnya kontrak kerja dengan rekanan pemenang lelang sudah dilakukan pada 9 Juni 2022. Hanya saja belum ada persetujuan dari Kemenhub sehingga proyek ini belum dikerjakan,” terang Hidayat di ruang kerja fraksi partai Gerindra.

Hidayat menuturkan, bahwa keberadaan Pelabuhan Taddan sangat membantu masyarakat Sampang dan Probolinggo dalam melakukan aktivitas perjalanan, maupun untuk pengiriman barang dan jasa melalui jalur transportasi laut.

“Meskipun masuk kategori regional. Tapi keberadaan Pelabuhan Taddan ini cukup strategis untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Sampang yang selama ini pertumbuhan perekonomiannya masih berada diangka 1,5 persen,” sambungnya.

Politisi Partai Gerindra ini menambahkan, bahwa pihaknya akan mendesak Kemenhub melalui Direktorat Pelabuhan, agar segera menyetujui pelaksanaan proyek pembangunan Pelabuhan Taddan, dan juga menyerahkan status aset pelabuhan kepada Pemprov Jatim.

“Kita berharap agar pengembangan pelabuhan tersebut bisa lebih maksimal dan membawa kebaikan bagi masyarakat Sampang, Probolinggo dan sekitarnya,” pungkasnya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait