Walikota Madiun Ajak Guru Kenalkan Potensi Daerah Untuk Tingkatkan Keterampilan Siswa

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, melalui Dinas Pendidikan menggelar event Seminar Pendidikan bertajuk “Mewujudkan Digital Sekolah di Kota Madiun” di Ballroom Sun Hotel Madiun, Rabu 7 Juni 2023.

Seminar yang diikuti oleh tenaga pendidik di Kota Madiun ini, menghadirkan tiga narasumber ahli. Salah satunya, Walkota Madiun, H. Maidi.

Dalam paparannya, walikota menyampaikan hubungan penting antara potensi kota dan peningkatan keterampilan siswa sebagai implementasi Kurikulum Merdeka.

‘’Potensi daerah kita apa, anak-anak harus mengetahui. Selanjutnya kita ajarkan apa yang bisa dilakukan anak itu,’’ ucap H. Maidi.

Dalam Kurikulum Merdeka, menggali keterampilan yang dimiliki masing-masing siswa adalah fokus utama. Hal inipun dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan potensi daerah. Untuk itu, guru dituntut agar bisa berinovasi. Sehingga, pembelajaran yang dilakukan lebih mudah terserap kepada siswa.

Maidi mencontohkan keberadaan lahan pertanian di Kota Madiun. Saat ini, jumlah petani semakin sedikit. Generasi muda pun tak berminat melanjutkan. Namun, Pemkot Madiun membuat inovasi dengan menanam tanaman kebutuhan selain padi. Juga, penerapan sistem pertanian modern.

‘’Harapannya, anak-anak ini bisa mengikuti dan menggali potensi dirinya di sini. Orang kreatif, di manapun keberadaannya, pasti akan dicari,’’ jelasnya.

Lebih lanjut, walikota mengatakan, Pemkot Madiun terus berupaya meningkatkan fasilitas pendidikan bagi anak-anak. Seperti keberadaan ribuan titik Wi-Fi dan program Laptop Gratis atas tindak lanjut dari perkembangan teknologi digital yang semakin pesat.

‘’Anak-anak harus kita bekali. Adanya IT dan teknologi tinggi tanpa SDM yang mumpuni tidak akan maksimal. Maka, ini tugas kita sebagai pendidik agar anak-anak siap menghadapi perubahan,’’ tandasnya.

Selain walikota, seminar tersebut juga menghadirkan dua narasumber ahli lainnya. Yakni, Pemerhati Pendidikan dari Unesa Dr. Marthadi dan Pakar Komunikasi Unair, Dr. Suko Widodo. (Kmf/editor Dibyo).

H. Maidi (pakai jas).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait