Walikota Madiun Bentuk Kelurahan Tangguh Bencana di Demangan

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Satu lagi kelurahan tangguh bencana dibentuk di Kota Madiun, Jawa Timur. Yakni Kelurahan Demangan, Kecamatan Taman, yang direresmikan walikota, Sabtu 26 Maret 2022.

Tidak hanya pembentukan, pelatihan kepada masyarakat juga diberikan guna mendukung program kelurahan tangguh.

‘’Bencana bisa datang kapan saja. Tidak bisa direncanakan. Karenanya, masyarakat harus siap setiap saat,’’ kata Walikota Madiun, H. Maidi.

Apalagi, lanjutnya, Kota Madiun masih cukup berpotensi bencana. Mulai bencana kebakaran, banjir, dan bencana lainnya. Karenanya, pembentukan kelurahan tangguh bencana beserta berbagai pelatihan di dalamnya,dirasa penting dan perlu.

Untuk itu, walikota berharap perwakilan masyarakat setempat yang mengikuti pelatihan untuk serius.

‘’Harus diikuti dengan serius. Jangan setengah-setengah. Kalau masyarakat siap dan memiliki kemampuan mengatasi bencana, kerugiaan bisa diminimalkan. Baik secara material maupun non material,’’ jelasnya.

Maidi juga menginstruksikan pejabat daerah baik yang ada di tingkat OPD sampai kelurahan, untuk aktif turun ke lapangan. Aktif melihat kondisi masyarakat secara langsung. Artinya, tidak sekedar main perintah di balik meja. Hal itu penting mengingat kondisi saat ini diperlukan pemimpin yang tangguh di lapangan.

Walikota menegaskan, pejabat pemerintah merupakan pelayan masyarakat. Karenanya, harus banyak berkecimpung di masyarakat agar bisa melayani dengan optimal.

‘’Pejabat pemerintah itu bukan ndoro. Pejabat pemerintah itu pelayan masyarakat. Bagaimana bisa melayani dengan baik kalau kerjanya hanya di kantor,’’ tambahnya.

Pelatihan kelurahan tangguh bencana di Kelurahan Demangan, diikuti sekitar 30 peserta perwakilan Satlinmas, tokoh masyarakat, sampai dengan kepemudaan.

Walikota berharap, apa yang menjadi materi bisa ditularkan kepada masyarakat yang lain. Hal itu penting agar masyarakat secara umum juga memiliki kesiapan dalam menghadapi bencana. (Sumber Diskominfo/editor Dibyo).
H. Maidi (atas).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait