Walikota Madiun Berangkatkan 392 Penumpang KA Mantab

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Libur Hari Raya Idul Fitri 1.440 Hijriyah hampir usai. Para pemudik pun mulai kembali ke perantauan. Salah satunya seperti tampak di Stasiun Besar Madiun, Jumat 7 Juni 2019.

Ratusan penumpang memanfaatkan KA Madiun Tambahan Extra Lebaran (Mantab) untuk kembali ke perantauan. Hal ini otomatis membuat suasana stasiun penuh dipadati calon penumpang.

Walikota Madiun, H. Maidi, berkesempatan menyapa pemudik sebelum balik dengan KA. Bahkan, mantan Sekda Kota Madiun ini didaulat untuk memberangkatkan KA Mantab pada pukul 14.30 WIB dengan didampingi oleh Vice President Daop 7 Madiun, Wisnu Pramudyo.

“Hari ini H+1 masa arus balik, antusias masyarakat luar biasa. PT KAI dalam memenuhi permintaan penumpang juga luar biasa,” kata H. Maidi.

KA Mantab merupakan KA tambahan extra untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang cukup tinggi. PT KAI menambahkan perjalanan KA khusus relasi Pasar Renen – Madiun PP mulai tanggal 1 – 9 Juni 2019.

Dengan permintaan penumpang yang tinggi, tiap hari stamformasi KA Mantab yang semula 9 kereta kelas bisnis dan 1 kereta makan, ditambah 1 kereta lagi. Yakni, menjadi 10 kereta kelas bisnis dengan 1 kereta makan. Jumlah penumpang 392 orang atau terisi 98 persen dari 640 total seat yang tersedia. Selebihnya yang 2 persen diisi penumpang stasiun lainnya.

Atas penambahan itu, Walikota pun menyampaikan apresiasi kepada PT KAI. Sehingga kebutuhan seluruh penumpang dapat terakomodasi dengan baik.

“Harapannya, semua berjalan lancar dan masyarakat bisa kembali ke perantauan dengan sehat dan selamat,” tuturnya.

Sementara itu, Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko, menjelaskan, selama masa mudik rata-rata dalam sehari penumpang yang turun di Daop 7 mencapai 32.881 orang. Sedangkan, untuk Stasiun Madiun sebanyak 8.177 orang.

“Kemudian penumpang yang berangkat dari Daop 7 rata-rata per hari sekitar 21.690 orang. 3.775 orang diantaranya dari Stasiun Madiun,” terangnya.

Secara umum, lanjutnya, arus mudik dari tanggal 26 Mei hingga 6 Juni 2019 volume tertinggi sebanyak 21.139 orang terjadi pada tanggal 6 Juni 2019 (H2 Lebaran).

“Untuk volume kedatangan tiap stasiun, tertinggi adalah Stasiun besar Madiun sebanyak 5.129 orang, berikutnya Blitar sebanyak 2.628, Kediri sejumlah 2.067 orang dan terakhir Stasiun Tulungagung sebanyak 2.215 orang,” bebernya. (Sumber Kominfo).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *