Walikota Madiun Hadiri Seminar Kebangsaan

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Walikota Madiun, Jawa Timur, menghadiri seminar kebangsaan di sebuah hotel, Selasa 17 Desember 2018.

Walikota Madiun, H. Sugeng Rismiyanto, dalam sambutannya, mengapresiasi peran seluruh elemen masyarakat dalam menjaga kondusifitas Kota Madiun. Terlebih, masyarakat secara mandiri menginisiasi peningkatan pemahaman mengenai keberagaman.

‘’Wawasan kebangsaan dalam kemajemukan penting. Apresiasi untuk penyelenggaraan seminar dangan tema KeberagamanAdalah Anugerah,” kata H. Sugeng Rismiyanto. saat membuka seminar yang diselenggarakan Forum Pembauran Kebangsaan.

Seminar, lanjutnya, diharapkan tidak menyinggung ideologi-ideologi dari luar. Apalagi, membanding-bandingkan sebuah ajaran agama, suku, atau ras yang ada. Karena ketika sebuah perbedaan sama-sama mencari yang terbaik, pasti akan timbul gesekan sosial di masyarakat.

Untuk itu, ia berpesan untuk tidak cepat terpancing ketika ada berita yang menyinggung isu-isu sensitif. Terlebih, berita-berita yang tidak sesuai fakta alias hoax.

‘’Pilih berita yang memupuk kedamaian, jangan mencari berita yang tidak dapat dipertanggung jawabkan. Berita yang tidak benar bisa menjadi sumber fitnah dan disebarluaskan untuk mengusik kondusifitas,” tuturnya.

Selain walikota, hadir pula Profesor Hariyono Plt. Kepala Badan Pembinaan Indeologi Pancasila sebagai narasumber. Materi terkait Pancasila sebagai filosofi negara pun, mengemuka.

‘’Pancasila sebelum menjadi dasar negara telah diuji secara ilmu sehingga dijadikan sebagai ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Makanya, Pancasila penting bagi bangsa Indonesia,’’ tutur Hariyono.

Menurutnya lagi, Pancasila sebagai ideologi yang tepat bagi masyarakat Indonesia. “Ketika beberapa kali diusik ideologi-ideolodi lain, Pancasila tetap menjadi landasan utama. Bahkan, ketika persoalan-persoalan ekonomi dan sosial di masyarakat mengemuka, ideologi Pancasila mampu menjadi peneduh agar konflik tak berkepanjangan,” katanya. (Sumber Diskominfo. Editor: Astono).

Ket. Foto: H. Sugeng Rismiyanto (tengah).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *